Potensi Wisata Sumenep Lengkap, Bupati Fauzi: Wisata Kesehatan Ada

Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:09 WIB
loading...
Potensi Wisata Sumenep Lengkap, Bupati Fauzi: Wisata Kesehatan Ada
Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengungkapkan potensi wisata di Sumenep, Jawa Timur (Jatim) lengkap. (Ist)
A A A
SUMENEP - Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengungkapkan potensi wisata di Sumenep, Jawa Timur (Jatim) lengkap. Mulai dari kearifan lokal hingga wisata kesehatan ada di Sumenep.

"Di sini kita komplet. Kearifan lokal juga ada, budaya kuat, seni juga ada. Artinya, komplet. Jadi, bukan hanya wisata alam. Wisata religi juga ada bahkan wisata kesehatan ada karena ada pulau oksigen (Gili Iyang, red). Itu menunjukkan kami punya potensi," kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi dihubungi wartawan, Jumat (16/12/2022).

Gili Iyang atau Pulang Giliyang menjadi pulau oksigen terbaik ke dua di dunia setelah Laut Mati, Yordania. Pangkalnya, sesuai hasil riset Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) 2005, kadar oksigen di Gili Iyang mencapai di atas rata-rata atau 20,9% pada siang hari dan lebih dari 21% pada malam hari.

Dia mengatakan, dari aspek seni budaya, Sumenep juga tidak kalah menarik. Dia memberikan contoh dengan keberadaan keraton. Di Indonesia, keraton hanya ada di beberapa daerah, seperti Cirebon, Yogyakarta, dan Surakarta.

Keris pun menjadi salah satu andalan Sumenep sehingga kerap disebut sebagai "Kota Keris". Bahkan, menjadi suvenir kepada delegasi yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, November 2022.

Atas upaya yang dilakukan, Bupati Fauzi diberi penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yakni Desa Aeng Tongtong, salah satu sentra pembuatan keris, dinobatkan sebagai Juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 kategori Daya Tarik Pengunjung. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) pun memberikan penghargaan atas dedikasi dan komitmen mendukung program pengembangan desa wisata 2022.

Kendati demikian, Fauzi mengungkapkan, Pemkab Sumenep dalam jangka pendek ini mengutamakan mempromosikan pariwisatanya kepada wisatawan domestik, khususnya masyarakat di Jatim. "Ya, langkah ke depan, jangka panjang. Jadi, kita saat ini fokus domestik dulu. Ke depan baru (menargetkan) wisatawan mancanegara," ujarnya.

Baca: 5 Perampok Rumah Dinas Wali Kota Blitar Teridentifikasi.

Di sisi lain, Pemkab Sumenep bakal meluncurkan kalender wisata 2023 di Keraton pada Sabtu (17/12). Selama setahun ke depan, bakal ada sedikitnya 26 kegiatan yang telah dirancang.

"Tujuan kalender event ini untuk menunjang pariwisata kita. Menurut saya, salah satu untuk mempercepat pemulihan ekonomi riil adalah mendorong potensi wisata," imbuhnya.

"Jadi, kita mulai kembali. Target kita paling tidak Sumenep menjadi salah satu wisata alternatif untuk masyarakat di Jatim. Alternatifnya bukan hanya di Batu, Malang, tapi Sumenep juga tidak kalah," pungkas Fauzi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5755 seconds (0.1#10.140)