Manekin Bedah Sesar FK Unair Siap Diproduksi untuk Unibraw dan Unlam

Rabu, 14 Desember 2022 - 06:01 WIB
loading...
Manekin Bedah Sesar FK Unair Siap Diproduksi untuk Unibraw dan Unlam
Dr Eighty Mardiyan K, dr, SpOG(K) selaku Ketua Tim yang menginisiasi manekin (kerudung cokelat) Riska Wahyuningtyas (baju hijau) menerangkan tentang manekin pembelajaran.
A A A
SURABAYA - Inovasi Fakultas Kedokteran Unair ( FK Unair ) berupa manekin untuk latihan keterampilan calon dokter mendapat apresiasi dari Kemendikbud.

Bahkan, manekin untuk praktik bedah sesar ini juga akan diproduksi untuk dua kampus, yaitu Program Studi Obstetri Ginekologi di FK Universitas Brawijaya dan Universitas Lambung Mangkurat.

Menurut Dr Eighty Mardiyan K selaku ketua tim yang menginisiasi manekin ini, inovasinya mendapat perhatian dari Kedai Reka (Kerja Sama Dunia Usaha dan Kreasi Reka) yang diprakarsai Kemendikbud.

Baca juga: Mahasiswa PPDS FK Unair Ciptakan Inovasi Manekin Pembelajaran Bedah Obgin

Dalam program matching fund oleh Kedai Reka, tim FK Unair berhasil mendapatkan pendanaan dan menggandeng PT Tekno Sains Medika.

"Dalam program ini, kami membuat 2 manekin, yang akan kami perkenalkan bagi Program Studi Obstetri Ginekologi di FK Universitas Brawijaya dan Universitas Lambung Mangkurat," ungkap Eighty

Dengan manekin bedah sesar, Eighty berharap para calon spesialis obgin (obstetri ginekologi) dapat belajar lebih baik. Karena manekin berbahan latex silikon ini memungkinkan mereka dapat melakukan irisan lapisan serupa kulit, lemak, jaringan ikat, otot hingga rahim hingga melahirkan bayi.

"Tahap demi tahap penjahitan juga dapat dilakukan menyerupai pada manusia," papar Eighty.

Bersama Dr Hermanto, dr, SpOG(K) dan anggota tim lain, dr Riska Wahyuningtyas, dr Citra Aulia dan Nur Anisah S.Keb, tim ini akan bertolak di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin pada 15 Desember mendatang. Tujuannya melakukan serah terima manekin sekaligus melakukan pelatihan.

Sebelumnya, 31 Oktober 2022, tim telah melakukan serah terima dan pelatihan bagi program studi spesialis obgin FK Universitas Brawijaya

Sementara itu Dekan FK Unair, Prof Dr Budi Santoso, dr, SpOG (K) memberi apresiasi terhadap karya sivitas akademika berupa manekin bedah sesar berbahan latex silikon dengan teknik 3D printing.

Karya gabungan dosen dan mahasiswa ini diperkenalkan Senin (12/12 2022) lalu dalam acara di Hotel Bumi Surabaya. "Inovasi dan kreativitas untuk proses pembelajaran seperti ini memberi manfaat luas. Bukan hanya bagi institusi FK UNAIR, tapi juga semoga dapat dimanfaatkan institusi pendidikan kedokteran di Indonesia," ungkapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)