Kapolres Bitung Temukan Kecurangan Pengisian BBM di SPBU

Selasa, 13 Desember 2022 - 15:56 WIB
loading...
Kapolres Bitung Temukan Kecurangan Pengisian BBM di SPBU
Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma mendapati kecurangan dalam pengisian BBM di sejumlah SPBU di Kota Bitung saat turun langsung melakukan patroli penertiban penjualan BBM. Foto: MPI/Subhan Sabu
A A A
BITUNG - Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma menemukan kecurangan dalam pengisian Bahan Bakar Minyak ( BBM ) di sejumlah SPBU di Kota Bitung. Hal itu ditemukan saat turun langsung melakukan patroli penertiban penjualan BBM.

Dalam patroli tersebut, Kapolres yang didampingi Kasat Lantas Polres Bitung AKP Awaludin Puhi menemukan beberapa kendaraan yang dicurigai melakukan pengisian BBM tidak semestinya atau melanggar aturan.



“Ada kendaraan roda empat sebanyak 4 unit dan kendaraan roda enam sebanyak 1 unit. Kendaraan itu diamankan karena ada kecurigaan dari polisi atas modus operandi mengisi BBM,” ujar Kapolres, Selasa (13/12/2022).



Kecurigaan pertama kata dia, ada kendaraan yang memuat lebih dari dua galon. Kemudian, ada beberapa kendaraan yang diamankan karena tidak memakai nomor atau plat nomor kendaraan.

“Terindikasi ada kendaraan yang memiliki lebih dari satu plat nomor kendaraan, yang dipakai untuk mengisi BBM di SBPU berbeda dengan modus mengganti plat,” katanya.



Menurut kapolres, patroli ini dimaksudkan untuk mengecek dan mengontrol penjualan BBM di SPBU di wilayah Kota Bitung.

“Agar tidak adanya penyelewengan bahan bakar minyak bersubsidi di antaranya solar maupun pertalite oleh pihak-pihak yang memanfaatkan kendaraan dengan cara memodifikasi tangki BBM (tangki non-standar), maupun dengan menggunakan galon dengan tujuan agar dapat dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi,” tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)