Nangkring di Benteng Vastenburg, Penarik Becak Siap Antar Tamu Tasyakuran Kaesang-Erina

Minggu, 11 Desember 2022 - 13:28 WIB
loading...
Nangkring di Benteng Vastenburg, Penarik Becak Siap Antar Tamu Tasyakuran Kaesang-Erina
Ratusan becak siap mengantar tamu dipersiapkan di kawasan Benteng Vastenburg.
A A A
SOLO - Tasyakuran pernikahan putra bungsu Joko Widodo (Jokowi), Kaesang-Erina turut melibatkan penarik becak untuk mengantar tamu-tamu undangan ke Pura Mangkunegaran. Ratusan becak yang siap mengantar tamu itu dipersiapkan di kawasan Benteng Vastenburg.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ratusan becak itu memarkirkan becaknya di sebelah Barat Benteng Vastenburg. Becak itu berjajar rapi menunggu giliran untuk mengantarkan tamu yang biasanya datang dan memarkirkan kendaraannya di Benteng Vastenburg.

Nantinya koordinator penarik becak akan mengatur masing-masing giliran bagi tamu yang akan diantar. Hingga Minggu (11/12) tepatnya pukul 12.00 pun terlihat para tamu masih menggunakan fasilitas becak menuju Pura Mangkunegaran.

Salah satu penarik becak Sardi mengaku senang saat penarik becak dilibatkan dalam acara Tasyakuran ini. Pasalnya jika dibandingkan dengan hari-hari biasa, Sardi mengaku lebih banyak menarik penumpang.

Baca juga: Kirab Pernikahan Kaesang-Erina, Warga Dihibur Lagu Rembulan dan Janji Suci Versi Gending Jawa

“Saya yang profesi harian menjadi tukang becak pada hari ini gembira sekali bahwa Pak Jokowi melibatkan kami, gembira sekali karena bapak-bapak ini (penarik becak) bisa bekerja dengan baik,” kata Sardi salah satu penarik becak, Minggu (11/12/2022).

Sardi mengaku penarik becak tidak akan memungut biaya terhadap penumpang yang mengarah ke Pura Mangkunegaraan. Meski demikian, jika penumpang ingin memberi pun akan diterimanya. “Seikhlasnya, tadi ada yang bayar Rp20 ribu kita terima,” ucap dia.

Penarik becak lainnya, Ardiono mengaku bahwa ratusan penarik becak ini sudah dikoordinir oleh panitia. Sehingga, jumlah kompensasinya yang didapatkan akan dihitung berdasarkan data yang tersedia.

“Ada paguyuban becak diajak, terus ada panitianya, ada yang mengurus. Jadi ada yang data saya. Iya (penumpang tidak membayar),” kata Ardiono.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia pernikahan Kaesang- Erina, Erick mengatakan khusus untuk becak dan andong akan diikutsertakan dalam rangkaian resepsi di sekitar Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran.

Dia mengatakan para penarik becak dan andong akan berperan penting dalam membawa para tamu undangan yang datang, terutama tamu yang tidak menggunakan bus.

Adapun anitia mengajak 400 becak dan 35 andong untuk ikut menyemarakkan Festival Budaya dalam rangka pernikahan Kaesang dan Erina. Dengan jalan ini, semua merasakan kebahagiaan yang dirasakan kedua mempelai.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)