Gempa Cianjur Rusak 53 Ribu Rumah, Ridwan Kamil Sebut Bakal Direlokasi

Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:56 WIB
loading...
Gempa Cianjur Rusak 53 Ribu Rumah, Ridwan Kamil Sebut Bakal Direlokasi
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berbincang dengan Presiden Jokowi saat meninjau korban gempa di Kabupaten Cianjur. Foto/Ist.
A A A
BANDUNG - Gempa dahsyat yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merusak sebanyak 53 ribu rumah warga. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ribuan rumah yang rusak tersebut, akan segera direnovasi dengan dana bantuan dari pemerintah.



Bahkan, menurutnya, sebanyak delapan ribu rumah rusak akibat gempa Cianjur, sudah terdata menerima bantuan. "Delapan ribu rumah rusak sudah terverifikasi, dan rekening dipersiapkan dengan total rumah yang rusak 53 ribu," ujar Ridwan Kamil, Jumat (9/12/2022).



Lebih lanjut Ridwan Kamil mengatakan, Kecamatan Cugenang merupakan wilayah yang paling terdampak gempa. Karenanya, warga di wilayah tersebut kemungkinan akan direlokasi ke tempat yang sudah disediakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).



"Yang paling banyak rusak berat itu di wilayah Cugenang, maka kemungkinan sedang disosialisasikan tidak mendapatkan itu (bantuan dana renovasi), tapi dipindah ke lokasi yang sudah ditentukan dan itu butuh waktu untuk meyakinkan," tuturnya.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu juga meyakinkan, bahwa kondisi warga terdampak gempa sejauh ini relatif lebih baik. Menurutnya, upaya trauma healing yang dilakukan di berbagai tempat sangat membantu memulihkan kondisi mental, terutama anak-anak.

"Keadaan warga relatif lebih baik, trauma healing sudah dilakukan di mana-mana, saya monitor di daerah pelosok anak-anak relatif terjaga mentalnya," ujar Kang Emil meyakinkan.

Gempa Cianjur Rusak 53 Ribu Rumah, Ridwan Kamil Sebut Bakal Direlokasi


Kang Emil menyambut baik bertambahnya nominal bantuan renovasi rumah yang rusak akibat gempa dari pemerintah pusat. Kepastian ini didapatkan, saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi korban gempa Cianjur, Kamis (8/12/2022).

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi menyatakan, bantuan renovasi naik menjadi Rp60 juta untuk rumah rusak berat, Rp30 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp15 juta untuk rumah rusak ringan.



Kang Emilberterima kasih kepada Presiden Jokowi, yang telah memberikan perhatian besarnya kepada warga Cianjur. Sejak gempa mengguncang Kabupaten Cianjur, 21 November 2022 lalu, kata Kang Emil, Presiden Jokowi terhitung sudah empat kali mengunjungi warga terdampak.

Saat melakukan kunjungan tersebut, Presiden Jokowi juga menyebutkan, Indonesia memiliki pengalaman membangun rumah tahan gempa di Palu, dan Lombok. Pembangunan rumah tahan gempa tersebut, akan diterapkan untuk korban gempa Cianjur.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)