Pimpinan Badan Publik di Papua Diminta Laksanakan KIP

Jum'at, 09 Desember 2022 - 22:01 WIB
loading...
Pimpinan Badan Publik di Papua Diminta Laksanakan KIP
Kapuspen Kemendagri Benni Irwan (kanan) menyerahkan anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Se-Provinsi Papua 2022 di Ballroom Hotel Swissbell Jayapura, Kamis (8/12/2022). (Ist)
A A A
JAYAPURA - Seluruh pimpinan badan publik di Papua diharapkan berkomitmen dalam melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik atau KIP. Hak untuk tahu dan mendapatkan informasi merupakan hak masyarakat yang dijamin undang-undang.

"Saya harapkan baik gubernur, bupati, dan wali kota, serta seluruh pimpinan badan publik di Provinsi Papua berkomitmen secara penuh dan konsisten dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik. Berkolaborasi dan bersinergi untuk menciptakan ekosistem keterbukaan informasi publik, serta pelayanan informasi publik yang mudah dijangkau, efektif, efisien, dan berkelanjutan," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Se-Provinsi Papua 2022 di Ballroom Hotel Swissbell, Jayapura, Kamis (8/12/2022).

Pemberian penghargaan KIP yang rutin digelar setiap tahun di semua daerah, termasuk Papua, merupakan momentum melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan KIP. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memperkuat komitmen pimpinan badan publik dalam melaksanakan KIP.

"Momentum pemberian penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik se-Provinsi Papua Tahun 2022 ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai ajang kontestasi antarbadan publik, tapi merupakan waktu yang tepat untuk membangun kesadaran dan pemahaman bersama akan betapa pentingnya keterbukaan informasi sebagai suatu upaya dalam mengakselerasi pelayanan publik," katanya.

Karena itu, catatan-catatan perbaikan yang merupakan hasil monitoring dan evaluasi harus ditindaklanjuti dengan upaya-upaya perbaikan pelayanan publik bagi seluruh masyarakat di Provinsi Papua. Hal itu dilakukan guna membangun kepercayaan serta mendorong partisipasi masyarakat dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel.

Baca: Disambut Ribuan Pendukung di Jayapura, Anies Baswedan Mengaku Senang Kembali ke Papua.

Sebagai informasi, sejumlah badan publik di Provinsi Papua mendapatkan penghargaan. Mereka di antaranya 4 badan publik kategori cukup informatif, 6 badan publik menuju informatif, dan 16 badan publik kategori informatif.

"Saya juga mengucapkan selamat kepada seluruh penerima Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Provinsi Papua Tahun 2022, semoga penghargaan yang diterima pada hari ini dapat dijadikan sebagai pemicu untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam memberikan pelayanan informasi yang terbaik kepada masyarakat," pungkas Benni.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)