Prosesi Adat Siraman Kaesang Pangarep Gunakan Air dari 7 Sumber

Selasa, 06 Desember 2022 - 10:37 WIB
loading...
Prosesi Adat Siraman Kaesang Pangarep Gunakan Air dari 7 Sumber
Menjelang pernikahan dengan Erina Gudono di Sleman, Kaesang Pangarep akan menjalani prosesi adat siraman di kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari Solo. Foto/Instagram Kaesang Pangarep
A A A
SOLO - Menjelang pernikahan dengan Erina Gudono di Sleman, DIY, Kaesang Pangarep akan menjalani prosesi adat siraman. Prosesi ini digelar di kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022) mendatang.

Dalam prosesi ini, sesuai dengan tradisi adat Jawa maka air yang akan digunakan untuk siraman diambil dari tujuh sumber mata air.

Baca juga: Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo Dimeriahkan Konser Musik

Kakak kandung Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka menjelaskan bahwa tujuh sumber mata air itu yakni di Masjid Agung dan Al Wustho Solo, di wilayah Pengging dan rumah orang tua Presiden Jokowi di Boyolali.

Selain itu juga ada mata air Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, dan rumah kediaman keluarga Presiden Jokowi di Sumber, Banjarsari.

"Tujuh mata air itu sama dengan yang saya gunakan saat nikah dulu," ujar Gibran di Balai Kota Solo dikutip Rabu (6/12/2022).

Gibran menambahkan, seluruh saudara kandung Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan ikut menyiram Kaesang.

Baca juga: Jelang Pernikahan dengan Kaesang, 13 CCTV Dipasang di Sekitar Rumah Erina Gudono

"Yang nyirami yang sudah pernah mantu. Jadi nanti pakde dan budhe semuanya karena mereka sudah pernah mantu," jelas Gibran yang menjadi Juru Bicara Pernikahan Kaesang Pangareo-Erina Gudono itu.

Selain Siraman, lanjut Gibran juga akan dilakukan, beleketepe (tanda dimulainya pernikahan) pengajian dan semak an Al Qur'an di kediaman Presiden Jokowi di Sumber.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3134 seconds (10.55#12.26)