Antisipasi Cuaca Ekstrem, SAR Tanjungpinang Siagakan Personel

Senin, 05 Desember 2022 - 08:29 WIB
loading...
Antisipasi Cuaca Ekstrem, SAR Tanjungpinang Siagakan Personel
Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menyiagakan personel dan peralatan mengantisipasi kondisi cuaca ekstrem. Foto/Antara
A A A
TANJUNGPINANG - Mengantisipasi cuaca ekstrem di wilayah Kepulauan Riau (Kepri), Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tanjungpinang, telah menyiagakan personel dan peralatan. Langkah ini dilakukan, agar personel SAR dapat bergerak cepat ketika terjadi bencana.

Baca juga: Ringankan Beban Nelayan, Polres Bintan Bagikan Kebutuhan Pokok

Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Slamet Riyadi membenarkan telah melakukan kesiagaan personel dan peralatan menghadapi cuaca ekstrem. "Ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadi bencana alam banjir," katanya.



Slamet juga mengimbau masyarakat, untuk mewaspadai cuaca ekstrem di perairan sekitar Kepri, terutama yang akan melakukan perjalanan dengan transportasi laut agar melihat kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan.

Baca juga: Dalam 6 Jam, Gunung Semeru Alami 29 Kali Letusan dan Sekali Guguran Awan Panas

Selain itu, ia meminta nelayan untuk sementara menahan diri melakukan aktivitas melaut, dan selalu menyediakan pelampung keselamatan saat beraktivitas di laut. "Segera hubungi SAR di Emergency Call 115, jika terjadi hal yang darurat. Atau nomor kantor SAR Tanjungpinang 0771-311111," ujarnya.

Lebih lanjut Slamet menyampaikan, saat ini cuaca cukup ekstrem, yaitu hujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi. Kondisi cuaca sangat rawan terjadi bencana maupun musibah.

Baca juga: Curhat Mafia di Polri Viral, Bhabinkamtibmas Aipda Aksan Minta Maaf

Basarnas akan selalu berkoordinasi dengan unsur terkait utamanya BMKG, untuk memperbarui kondisi cuaca di Tanjungpinang, dan perairan Kepri, serta meningkatkan pemantauan melalui komunikasi dengan pemangku kebijakan.

"Kami menyiagakan personel di Kantor SAR Tanjungpinang, Pos SAR Batam, Pos SAR Tanjung Balai Karimun, Unit Siaga SAR Lingga, serta alat utama yaitu RB 209 Purworejo, RIB, Perahu Karet dan peralatan SAR lainnya," pungkas Slamet.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2857 seconds (10.101#12.26)