Pakai Truk dan Ambulans, Prajurit Lanud Husein Sastranegara Evakuasi Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 - 17:24 WIB
loading...
Pakai Truk dan Ambulans, Prajurit Lanud Husein Sastranegara Evakuasi Korban Gempa Cianjur
Prajurit Lanud Husein Sastranegara membantu mengobati dan mengevakuasi korban gempa dahsyat di wilayah pelosok Cianjur, Selasa (22/11/2022). Foto/Ist
A A A
CIANJUR - Lanud Husein Satranegara bergerak cepat membantu penanganan dampak gempa bumi dahsyat yang mengguncang Kabupaten Cianjur.

Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Pnb I Gusti Putu Setia Darma mengatakan, selain menerjunkan personel, pihaknya juga mengirimkan bantuan berupa sembako, logistik, perlengkapan dapur umum, hingga obat-obatan sesaat setelah gempa terjadi, Senin (21/11/2022) kemarin.



Di hari kedua pascagempa, lanjut Kolonel Pnb I Gusti Putu, prajurit Lanud Husein Sastranegara bergerak cepat membantu proses evakuasi korban yang berada di wilayah pelosok menggunakan truk dan ambulans.

Lanud Husein Sastranegara sendiri telah membangun Posko TNI AU di bekas Rumah Sakit Paru di Desa Hiherang Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Di posko tersebut, sejumlah tenda dan dapur umum didirikan guna menampung warga terdampak.



"Sebanyak 70 warga berhasil dievakuasi dan langsung dibawa ke Posko TNI AU yang di bangun oleh Personel Lanud Husein Sastranegara," katanya, Selasa (22/11/2022).

Setibanya di posko, lanjut dia, warga terdampak yang mengalami gangguan kesehatan segera ditangani oleh tenaga kesehatan dari RSAU dr. M Salamun.


Dari hasil pemeriksaan tenaga kesehatan, kata dia, sebanyak 50 orang dewasa dan 9 orang anak mengalami gangguan kesehatan pernapasan dan demam.

"Kita akan terus membantu proses evakuasi warga yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Hari ini TNI AU akan mengirimkan tambahan keperluan yang di butuhkan masyarakat korban gempa di Cianjur," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5382 seconds (0.1#10.140)