Citilink Buka Rute Mamuju-Jakarta, Penerbangan Perdana Dilakukan 5 Desember 2022

Selasa, 22 November 2022 - 11:38 WIB
loading...
Citilink Buka Rute Mamuju-Jakarta, Penerbangan Perdana Dilakukan 5 Desember 2022
Maskapai penerbangan Citilink berencana membuka rute penerbangan untuk jalur Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) menuju Jakarta dan Surabaya. Foto dok/SINDOnews
A A A
MAMUJU - Maskapai penerbangan Citilink berencana membuka rute penerbangan untuk jalur Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) ke Jakarta dan Surabaya. Rencananya, pada 5 Desember Citilink melakukan penerbangan perdana.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, saat ini pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan maskapai penerbangan Citilink untuk membuka rute penerbangan dari Mamuju ke sejumlah daerah.

"Rute Mamuju ke Jakarta dan Mamuju ke Surabaya dengan terlebih dahulu transit di Balikpapan," kata Akmal Malik. Baca juga: Kendala Teknis, Citilink Rute Surabaya-Makassar Putar Balik ke Bandara Juanda

Akmal Malik mengaku, pihaknya terus berusaha untuk membuka akses transportasi udara ke daerah itu. Akses udara, menurut dia, sangat penting untuk kemajuan suatu daerah.

"Kita sudah upayakan jalur penerbangan ini sejak lama. Alhamdulillah, kita bersama Citilink sudah menyepakatinya," ujar Akmal Malik.

Akmal menjelaskan, memilih rute penerbangan dengan transit terlebih dahulu di Balikpapan karena daerah itu merupakan pintu utama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Baca juga: Siap Jadi Penopang IKN Nusantara, Sulbar dan Citilink Jajaki Kerjasama

Ke depannya, lanjut Akmal, IKN akan sangat mempengaruhi perekonomian Sulbar sebagai daerah penyangga IKN. "Jalur penerbangan Mamuju ke Jakarta dan Surabaya melalui Balikpapan ini adalah pintu untuk memanfaatkan IKN bagi kemajuan Sulbar," jelas Akmal Malik.

Setelah kesepakatan ini, lanjut dia, Citilink akan melakukan terbang perdana dari Mamuju pada 5 Desember 2022 dan penumpang dapat menikmati free bagasi 10 kilogram.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4887 seconds (10.55#12.26)