7 Hal Harus Diperhatikan agar Lulus Tes TNI atau Polri

Selasa, 15 November 2022 - 08:45 WIB
loading...
A A A
Pemeriksaan ini kemungkinan besar sama seperti tahun yang lalu atau tes yang sudah-sudah, Anda akan diperiksa dengan tubuh telanjang, sehingga kekurangan sedikitpun akan terlihat. Meskipun hanya penyakit kecil seperti penyakit kulit atau varises pasti akan terlihat.

3. Jasmani
Penilaian aspek jasmani dilakukan dengan cara pemeriksaan postur yang meliputi tinggi atau berat badan, struktur anatomi, sikap gerak dan penampilan, dengan berpedoman pada ketentuan penilaian yang berlaku. Pemeriksaan jasmani ini hampir sama dengan pemeriksaan kesehatan, Anda akan diperiksa dengan tubuh telanjang.

Oleh karena itu, periksalah kesehatan jasmani Anda ke klinik atau dokter yang sesuai dengan bidangnya, latihlah diri Anda agar sikap, gerak, dan penampilan Anda cocok dan sesuai untuk menjadi anggota TNI atau Polri. Bayangkan diri Anda seakan-akan Anda sudah menjadi anggota TNI atau Polri, seperti apa sikap, penampilan, dan gerak yang harus Anda lakukan. Anda dapat lakukan ini selama 21 hari.

4. Mental Ideologi
Penilaian pada aspek ini dilakukan dengan cara pengisian data awal calon dalam bentuk formulir Daftar Isian Pertanyaan DIP, yang mana meliputi data mengenai riwayat hidup, riwayat tempat tinggal, riwayat sekolah, riwayat permasalahan hukum atau data-data lain yang digunakan sesuai dengan perkembangan kondisi.

Penilaian ini dilaksanakan melalui penelitian personel tentang berbagai aspek dalam pemahaman atau ajaran ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki mental yang kuat untuk mengabdikan diri Anda terhadap NKRI.

Anda dapat membaca dan memahami makna dari Pancasila dan UUD 1945. Hal tersebut merupakan langkah awal Anda untuk memiliki mental ideologi ini.

5. Psikologi/Psikotes
Penilaian aspek psikologi dilakukan dengan cara pemeriksaan psikologi, yang meliputi aspek intelegensi serta kepribadian atau stabilitas emosi dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku. Pada tes psikologi ini, Anda akan diberikan beberapa soal dengan durasi waktu.

Anda diwajibkan memiliki fokus yang tinggi, kesehatan yang cukup, serta mental yang kuat. Untuk seleksi tingkat daerah, tes psikologi atau yang dikenal dengan tes psi akan dilakukan secara tertulis, dengan mengerjakan serangkaian soal psikotes/TPA.

Untuk lulus pada tahap ini Anda harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes, baik yang kalian dapatkan di toko buku atau lebih baik lagi dengan soal-soal psikotes TNI atau Polri tahun sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan materi psikotes tidak akan jauh berbeda dengan yang lainnya, yang wajib Anda lakukan untuk lulus tahap ini adalah banyak berlatih mengerjakan soal-soal dengan tipe yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4453 seconds (0.1#10.140)