7 Hal Harus Diperhatikan agar Lulus Tes TNI atau Polri

Selasa, 15 November 2022 - 08:45 WIB
loading...
7 Hal Harus Diperhatikan agar Lulus Tes TNI atau Polri
ilustrasi
A A A
JAKARTA - Banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk TNI atau Polri . Fisik sehat dan kuat, mental siap, serta postur tubuh yang gagah saja belum bisa menjamin.

Selain urusan fisik seperti bakat, potensi, dan kesiapan mental, juga perlu diasah serta didukung dengan pengetahuan dasar seperti kemampuan tes akademik , psikologi, dan kemampuan berbahasa.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika tidak ingin gugur dalam tes kemampuan jasmani, harus dilatih jauh-jauh hari dengan mengikuti latihan rutin seperti, tes lari 12 menit, push up, sit up, pull up atau chinning up, shuttle run, dan berenang. Kegagalan dalam tes fisik, kemungkinan besar disebabkan kurangnya rutinitas dalam latihan.

Jadi, sering-sering berlatih bisa menjadi salah satu kunci agar lolos dalam kemampuan standar tes fisik ini. Selanjutnya, jika Anda ingin lulus dalam seleksi TNI atau Polri, ada beberapa tahapan yang harus jalani yaitu: Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Mental Ideologi, Psikologi, dan Akademik.

Baca juga: Tidak Dinafkahi Suami, Ibu Hamil Curi Ponsel di Pasar Dadak Makassar

Berikut beberapa tips agar lulus menjadi anggota TNI atau Polri. Tips ini akan memberikan pemahaman kepada Anda, dan Anda harus menerapkan atau berlatih agar tips disini menjadi kebiasaan dan membentuk jiwa Anda dalam menghadapi tes seleksi TNI dan Polri.
1. Administrasi
Penilaian administrasi dilakukan dengan melalui pemeriksaan dokumen yang diperlukan atau yang sesuai dengan persyaratan untuk mendaftar menjadi anggota TNI atau Polri. Administrasi tersebut berdasarkan tentang diri Anda yang meliputi, Ijazah, KIP, KK, dan administrasi yang lainnya yang sesuai dengan persyaratan.

Pemeriksaan administrasi akan dilaksanakan secara cermat, teliti, dan tertib, atas kelengkapan, kebenaran, dan keabsahan dokumen dengan berpedoman pada ketentuan pemeriksaan yang berlaku. Sehingga Anda harus menyiapkan data yang sesuai dan akurat.

2. Kesehatan
Penilaian aspek kesehatan dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan secara terbatas, khususnya pada materi sesuai sektor U (kapasitas fisik secara umum), A (anggota atas), B (anggota bawah), D (alat pendengaran dan keseimbangan) L, (alat penglihatan) serta G (gigi dan mulut).

Untuk lulus pada tes kesehatan, maka Anda harus memiliki kesehatan yang sesuai dengan sektor U. Apabila salah satunya tidak bisa Anda penuhi sudah pasti Anda tidak akan lulus pada tes ini.

Sehingga siapkan diri Anda, dengan cara periksakan diri Anda ke klinik atau dokter yang sesuai dengan bidangnya. Atur pula pola makan Anda serta olahraga yang cukup agar kesehatan Anda stabil pada saat tes.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1822 seconds (11.210#12.26)