Warga Antusias Sambut Piagam dan Plakat Gelar Pahlawan Nasional Haji Salahuddin bin Talabuddin

Sabtu, 12 November 2022 - 19:58 WIB
loading...
Warga Antusias Sambut Piagam dan Plakat Gelar Pahlawan Nasional Haji Salahuddin bin Talabuddin
Foto: Doc. Pemkab Halmahera Tengah
A A A
Piagam dan plakat Gelar Pahlawan Nasional Haji Salahuddin bin Talabuddin yang tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate pada Kamis, 10 November 2022, disambut antusias warga Kelurahan Salahuddin Kota Ternate. Piagam dan plakat tersebut dibawa bersama Bupati Halmahera Tengah (Halteng), Drs Edi Langkara. MH bersama para ahli waris penerima gelar dan beberapa pimpinan OPD Halteng.

Piagam dan plakat pahlawan nasional Haji Salahuddin Bin Talabuddin kemudian dibawa konvoi di Kota Ternate, melewati jalan protokol, lampu merah Kelurahan Toboko, selanjutnya menuju makam Pahlawan Nasional Haji Salahuddin bin Talabuddin di Perkuburan Islam dan doa bersama oleh Bupati Edi Langkara, ahli waris, Danlanal Ternate, masyarakat dan tokoh pemuda Kelurahan Salahuddin di Makam H. Salahuddin Bin Talabuddin.

Dalam sambutannya, Bupati Edi Langkara menyampaikan perjalanan panjang pengusulan pejuang merah putih Haji Salahuddin bin Talabuddin hingga ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Pusat.

"Pemerintah Daerah berkewajiban mendorong ini untuk mengusulkan sepanjang memenuhi syarat normatif dan memenuhi syarat undang-undang," ujar Bupati Edi Langkara.

Bupati Edi Langkara mengatakan, sejarah sang tokoh pejuang merah putih ini telah teringat dalam pikiran dan perasaan masyarakat Halmahera Tengah, bahwa Haji Salahuddin bin Talabuddin telah menancapkan bendera merah putih sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1941 di Tanjung Ngolopopo.

Dihadapan masyarakat dan pemuda Kelurahan Salahuddin, Orang nomor satu dilingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Tengah ini juga mengungkapkan rasa terima kasih, telah bekerja keras membantu Pemda Halteng dalam tahapan pengumpulan data Haji Salahuddin bin Talabuddin hingga menjadi Pahlawan Nasional.

"Pemerintah Daerah juga akan membangun Monumen Merah Putih sebagai bukti heroik kejadian ditembaknya Haji Salahuddin bin Talabuddin di Kel. Salahuddin," tutup Bupati Edi Langkara.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)