Banjir Sungai Cibuni, Jembatan Putus dan Puluhan Rumah Terendam

Selasa, 08 November 2022 - 22:37 WIB
loading...
Banjir Sungai Cibuni, Jembatan Putus dan Puluhan Rumah Terendam
Sungai Cibuni di Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, meluap dan menggenangi puluhan rumah warga serta area persawahan. Foto/MPI/Ricky Susan
A A A
CIANJUR - Banjir Sungai Cibuni di Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengakibatkan jembatan putus, dan puluhan rumah terendam. Selain itu, banjir juga menggenangi puluhan hektare sawah.



Tercatat ada tiga desa di Kecamatan Kadupandak, yang terendam banjir Sungai Cibuni, Selasa (8/11/2022). Banjir Sungai Cibuni tersebut, dipicu oleh hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut.



Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Wibowo mengatakan, aliran Sungai Cibuni tersebut meluap setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Hujan lebat terjadi sejak siang hingga sore.



"Berdasarkan laporan yang kami terima sementara, banjir akibat meluapnya Sungai Cibuni itu merendam tiga desa di Kecamatan Kadupandak. Tiga desa tersebut yaitu, Desa Kadupandak, Desa Sukaresmi, dan Desa Neglasari," ungkap Rudi.

Di Desa Neglasari, jembatan putus usai diterjang banjir, akibatnya warga dari beberapa kampung tidak bisa melintas. Sementara di Desa Kadupandak, rumah, sawah serta kebun milik warga terendam. Sedangan di Desa Neglasari sekitar sembilan hektare sawah yang baru tanam rusak.



Rudi mengungkapkan, sejumlah petugas sudah diturunkan ke lokasi banjir di wilayah tersebut, dan tengah melalukan penanganan serta pendataan akibat dampak meluapnya Sungai Cibuni.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian banjir tersebut, tetapi petugas di lapangan masih melakukan pendataan, dan menyisir wilayah yang terdamapak banjir," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)