Banjir Rendam 2 Kecamatan di Cidaun, Akses Jalan Cianjur-Garut Putus Total

Minggu, 06 November 2022 - 11:56 WIB
loading...
Banjir Rendam 2 Kecamatan di Cidaun, Akses Jalan Cianjur-Garut Putus Total
Akses jalan provinsi penghubung Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut wilayah selatan terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa. SINDOnews/Ricky
A A A
CIANJUR - Akses jalan provinsi penghubung Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut wilayah selatan terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa, Sabtu (4/11/2022) malam.

Jalan yang menghubungkan Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut wilayah selatan terendam banjir akibat jebolnya bendungan Sungai Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur.

Seorang warga setempat, Rusmana (32) mengatakan akses jalan provinsi itu sementara tidak dapat dilalui kendaraan akibat ketinggian air yang mencapai pinggang orang dewasa.

"Arus kendaraan dari arah Garut Selatan menuju Cidaun, Kabupaten Cianjur maupun dari arah sebaliknya sementara tidak dapat melintas. Banjir merendam Kampung Jogjogan dan Babakan, Desa Cidamar, Cidaun, Cianjur," kata Rusmana, Minggu (6/11/2022).

Disebutkan Rusmana, jebolnya bendungan Sungai Cidamar, Cidaun akibat meningkatnya debit air di sungai itu setelah hujan berintensitas tinggi mengguyur kawasan tersebut.

Baca: Lompat dari Lantai 3 Rumahnya, Nenek 69 Tahun di Kendari Tewas Mengenaskan.

Selain menyebabkan akses jalan provinsi lumpuh total, kata Rusmana, banjir juga merendam sejumlah permukiman warga.

"Saat ini yang terdata sekitar 30 kepala keluarga yang terdampak, kita masih melakukan evakuasi mandiri. Karena, arus air banjir juga cukup deras sehingga beresiko terbawa arus," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Labis Wibowo mengungkapkan sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Cianjur, terendam banjir, Sabtu (4/11/2022) malam.

Baca Juga: Sungai Cidamar Meluap, 2 Kecamatan di Cianjur Terendam Banjir.

Banjir yang merendam Kecamatan Sindangbarang dan Cidaun terjadi akibat meluapnya air sungai di wilayah itu setelah hujan berintensitas tinggi mengguyur dua kecamatan tersebut sejak siang hingga malam hari ini.

"BPBD dan unsur TNI-Polri telah menerjunkan personel ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan dan assessment. Ketinggian air yang merendam sejumlah wilayah di dua kecamatan itu mencapai hingga tinggi pinggang orang dewasa," pungkas Rudi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2587 seconds (0.1#10.140)