Cerita Lucu Gus Mahasin saat Kalah Tenar dengan Gus Baha

Senin, 31 Oktober 2022 - 20:15 WIB
loading...
Cerita Lucu Gus Mahasin saat Kalah Tenar dengan Gus Baha
Gus Mahasin, kakak kandung Gus Baha saat menjadi narasumber di acara halaqah kebangsaan di Ponpes Magetan, Jawa Timur. Foto/MPI/Solichan Arif
A A A
MAGETAN - KH Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin merupakan kakak kandung KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. Kendati demikian banyak orang yang belum mengetahui hubungan pertalian darah itu.

Yang diketahui banyak orang, Gus Mahasin adalah ulama atau kiai asal Rembang, Jawa Tengah sekaligus mantan Wakil Bupati Rembang periode tahun 2000-2005.


Banyak yang belum tahu kalau pengasuh Ponpes Tahfidzul Quran, Narukan, Rembang itu merupakan kakak sulung Gus Baha. Ketidakmengertian itu juga terjadi di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

“Memang banyak yang tidak tahu bahwa saya kakaknya Baha (Gus Baha),” tutur Gus Mahasin di sela menghadiri acara halaqah Kebangsaan di Ponpes Ath-Thohirin, Mojopurno, Ngariboyo, Magetan, Jawa Timur Minggu kemarin (30/10/2022)

Gus Mahasin dan Gus Baha merupakan putra KH Nursalim dan Nyai Yuchanidz. Kiai Nursalim dikenal sebagai ulama pakar Alquran asal Narukan, Kragan, Rembang, Jawa Tengah.

Ayah Gus Mahasin dan Gus Baha itu juga murid KH Arwani al-Hafidz Kudus dan KH Abdullah Salam al-Hafidz Kajen Pati. Gus Mahasin merupakan putra sulung Kiai Nursalim. Sedangkan Gus Baha anak ketiga. Keduanya terdiri dari sembilan bersaudara.


”Baha (Gus Baha) itu nomor tiga. Saya anak pertama,” terangnya di depan para peserta halaqah kebangsaan di Magetan.

Karena ketidaktahuan itu (sebagai kakak Gus Baha) Gus Mahasin mengaku pernah mendapat pengalaman lucu. Ia cerita, saat itu diajak rombongan dari Malang yang sedang bepergian ke Blitar.

Sepanjang jalan teman-temannya asyik memutar YouTube dengan konten pengajian Gus Baha. Lucunya, di tengah keasyikan menikmati pengajian, terlontar pertanyaan kepada Gus Mahasin.

Karena dianggap sama-sama berasal dari Rembang, Gus Mahasin ditanya apakah kenal dengan Gus Baha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3519 seconds (0.1#10.140)