Horeee! Kereta Api Segmen Garongkong-Mangilu Beroperasi, Gratis hingga Akhir Desember

Senin, 31 Oktober 2022 - 11:56 WIB
loading...
Horeee! Kereta Api Segmen Garongkong-Mangilu Beroperasi, Gratis hingga Akhir Desember
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama pihak terkait melakukan uji coba pengoperasian terbatas kereta api segmen Garongkong, Kabupaten Barru menuju stasiun Mangilu, Kabupaten Pangkep. Foto tangkapan layar
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama pihak terkait melakukan uji coba pengoperasian terbatas kereta api segmen Garongkong, Kabupaten Barru menuju stasiun Mangilu, Kabupaten Pangkep. Ada pun jarak tempuh jalur tersebut adalah 66 kilo meter (km).



Hadir dalam uji coba pengoperasian tersebut antara lain Gubernur Sulsel , Andi Sudirman Sulaiman, Plt Dirjen Perkeretaapian Kemenhub dan pihak terkait lainnya. Uji coba tersebut, kata Andi Sudirman, dilkukan pada pemberangkatan dari stasiun Garongkong, Kabupaten Barru menuju stasiun Mangilu di Kabupaten Pangkep.

Pada pengoperasian terbatas kereta api perintis Celebes segmen Garongkong-Mangilu ini menempuh jarak sejauh 66 km yang melintasi tujuh stasiun dengan kecepatan 40 km per jam.

"Pengoperasian kereta api secara bertahap ini juga telah dibuka untuk umum. Warga bisa menikmati secara gratis sampai akhir tahun," ungkap Gubernur Andi, Senin (31/10/2022).

Gubernur berharap, semua warga bisa manfaatkan fasilitas ini. "Ini operasional terbatas Garongkong sampai Mangilu. Ini sudah beroperasi bertahap. Kita optimis ini bisa difungsikan masyarakat," ujarnya.

Menurut Andi, banyak tempat wisata yang akan dilewati kereta api sepanjang jalan Maros Barru dan Pangkep. "Kita akan siapkan fasilitas yang bisa menjadi daya tarik sendiri, selain kereta penumpang juga tujuan wisata," tambahnya.

Amanna Gappa, Kepala Balai Kereta Api Sulsel mengatakan, pengoperasian kereta api Makassar Pare-pare pada segmen Garongkong-Mangilu ini sendiri dijadwalkan akan beroperasi setiap harinya, mulai pada siang hari hingga sore harinya.

"Sampai akhir Desember warga bisa naik kereta gratis. Jadwal keberangkatan setiap hari sudah ada. Besok mulai jam setengah 12 dari Garongkong, kemudian sorenya jam setengah 4 dari Mangilu. Itu setiap hari begitu. Dalam sehari 1 kali pp,” ungkap Gappa.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)