Gubernur Sugianto Sabran Tinjau Langsung Pengungsian Warga Akibat Banjir di Puskesmas Natai Palingkau

Kamis, 27 Oktober 2022 - 18:08 WIB
loading...
Gubernur Sugianto Sabran Tinjau Langsung Pengungsian Warga Akibat Banjir di Puskesmas Natai Palingkau
Gubernur Sugianto Sabran meninjau langsung tempat pengungsian warga Kumpai Batu Bawah yang terdampak banjir di Puskesmas Natai Palingkau, Kotawaringin Barat, Kamis (27/10/2022).
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran didampingi Ketua TP. PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran meninjau langsung tempat pengungsian warga Kumpai Batu Bawah yang terdampak banjir di Puskesmas Natai Palingkau, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (27/10/2022).

Kehadiran Gubernur Kalteng beserta rombongan di Kecamatan Arut Selatan telah menumbuhkan semangat warga dalam menghadapi dampak bencana banjir yang menimpa. Warga tampak antusias menyambut kehadiran Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng menyerahkan bantuan secara simbolis di Puskesmas Natai Palingkau berupa 36 lembar selimut anak, 7 paket kebutuhan bayi, 4 paket kebersihan keluarga dan 1 paket kebutuhan keluarga.

“Ini secara simbolis saya serahkan, nanti semua warga yang terdampak akan mendapat bantuan semua, kami hadir disini untuk memastikan warga yang mengungsi mendapat tempat yang layak dan kebutuhannya tercukupi, pejabat dan OPD terkait dari provinsi akan mendata dengan cermat, agar bantuan mencukupi, tepat sasaran dan tepat manfaat,” kata Sugianto.

Sebagai informasi dalam kunker Gubernur ke Kotawaringin Barat dan direncanakan dilanjutkan ke Kabupaten Lamandau, Pemprov Kalteng telah menyiapkan logistik bantuan berupa beras sebanyak 80,59 ton, dan 7.686 paket sembako , dan selimut anak sebanyak 1000 lembar, ratusan paket buku dan alat tulis, dan paket kebutuhan bayi.

Lurah Kelurahan Baru Yuningtyas Wati Pertiwi, seperti dikutip MMCKalteng, mengatakan jumlah warga yang mengungsi di Puskesmas Natai Palingkau berjumlah 50 kk atau 160 jiwa.
Gubernur Sugianto Sabran Tinjau Langsung Pengungsian Warga Akibat Banjir di Puskesmas Natai Palingkau

“Terdampak keseluruhan di Kelurahan Baru sebanyak 2.071 kk, 6.800 jiwa. Alhamdulilah dengan kedatangan Gubernur semoga memberikan support baik secara moril maupun material karena sangat diperlukan saat ini,” tutur Yuningtyas.

Sebagaimana diketahui, banjir telah terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat sejak beberapa pekan yang lalu hingga hari ini, Kamis (27/10/2022). Berdasarkan laporan dari BPBD setempat, tinggi muka air cenderung naik.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat menyebut banjir masih menggenangi beberapa titik. Data BPBD mencatat titik pengungsian berada di Kecamatan Arut Selatan dan Arut Utara.

Turut hadir dalam peninjauan di antaranya Anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait.

Dari Pemkab Kobar hadir Pj. Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo, Unsur Forkopimda Kabupaten setempat serta Kepala Pelaksana BPBD Kobar Syahruni.
(ars)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2392 seconds (10.101#12.26)