Bupati Karna Sobahi Ajak Insan Pendidikan di Majalengka Teladani Nabi Muhammad

Kamis, 27 Oktober 2022 - 14:50 WIB
loading...
Bupati Karna Sobahi Ajak Insan Pendidikan di Majalengka Teladani Nabi Muhammad
Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1.444 H yang dihadiri langsung oleh Bupati Majalengka Karna Sobahi, Selasa (25/10/2022).
A A A
MAJALENGKA - Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW 1.444 H yang dihadiri langsung oleh Bupati Majalengka Karna Sobahi didampingi Wakil Bupati, di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka, Selasa (25/10/2022).

Acara ini juga Ketua DPRD Majalengka, unsur Forkopimda Majalengka, Kemenag Majalengka, Ketua Baznas Majalengka, para staf ahli pupati, asisten daerah Majalengka, para kepala OPD, para camat, pimpinan ormas Islam Majalengka, ketua PGRI, seluruh kepala sekolah se-Kabupaten Majalengka serta insan pendidikan Majalengka.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Lilis Yuliasih mengatakan bahwa dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW kita meneladani bagaimana sosok beliau pada masa kepemimpinannya membina umat dan sebagai sosok pemimpin rahmatan lil alamin dan sosoknya yang akhlakul karimah dan uswatun hasanah.

"Dalam perjalanan Rasulullah SAW, pendidikan karakter di masa abad ke-14 sebetulnya telah menjadi fondasi utama di masa kepemimpinan Nabi. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan pada abad 21 di mana pendidikan karakter sesuai dengan visi misi Kemendikbudristek yang dalamnya tertuang Kurikulum Merdeka tentang pendidikan karakter yang mencerminkan semangat untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila yang didasari dengan akhlakul karimah," ujarnya.
Bupati Karna Sobahi Ajak Insan Pendidikan di Majalengka Teladani Nabi Muhammad

Menurut Lilis, sosok kepemimpinan Nabi Muhammad SAW patut diteladani khususnya oleh segenap insan pendidikan seperti para kepala sekolah dan juga guru-guru, di mana nantinya kepemimpinannya dapat menjadi suri tauladan bagi siswa-siswinya, dan tentunya juga dapat mendidik dan menghasilkan generasi penerus yang berdayasaing unggul dan berakhlakul karimah hal tersebutpun sejalan dengan salah satu Visi Misi Majalengka Raharja bagaimana menciptakan sumber daya manusia yang berdayasaing dan berakhlakul karimah.

"Adapun hikmah dari peringatan Maulid Nabi ini mari kita bersatu menjalin semangat kebersamaan khususnya dalam membangun dunia pendidikan serta mari bersatu mewujudkan Majalengka Raharja dan Majalengka sebagai Kabupaten pendidikan," pungkasnya.

Sementara itu dalam arahannya, Bupati Majalengka Karna Sobahi, mengatakan bahwa hikmah dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yakni berkumpul dalam kebaikan bersama-sama memperingati bulan lahirnya Rasulullah SAW.

"Di lain sisi keteladanan Rasullullah SAW harus terus kita jaga dan pelihara, sekalipun dimasa era perkembangan zaman saat ini harus terus diihidupkan kembali seperti dengan menjalin silaturahmi, mempererat rasa kebersamaan, menjaga tali persaudaraan dan saling berbagi," ujarnya

Bupati Karna berpesan kepada insan dunia pendidikaan, terutama guru-guru sebagai tenaga pendidik, harus mampu meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW. "Bagaiman guru-guru haru mampu mendidik siswanya agar dapat menjadi sumber teladan di dalam kelas sebagai bentuk implementasi terhadap nilai-nilai yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW," ucapnya.

Bupati Karna mengajak masyarakat untuk bagaimana Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebagai momen untuk meneladani sifat Rasulullah SAW yang diimplementasikan dalam dunia pendidikan agar tenaga pendidik di Kab.Majalengka mampu menghasilkan generasi penerus yang berdaya saing dan berakhlakul karimah.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan Dinas Pendidikan Majalengka diisi dengan tausyiah dari mubaligh KH. MD. Ubaidillah AB.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)