Bangun Karakter Siswa, Program PINTAR Tanoto Foundation Ubah Pendidikan Secara Mendasar

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 00:55 WIB
loading...
A A A
Kegiatan literasi di sekolah pun mulai mengalami kemajuan pesat. Para siswa mulai dibiasakan mencari referensi mata pelajaran dari buku. Baik melalui dongeng, cerita rakyat, puisi, hingga menulis indah.



Begitupun dengan peran serta masyarakat. Melalui Komite Sekolah, para orang tua murid mulai terlibat aktif dalam pembangunan sekolah. Bahkan, mereka mulai menyumbangkan uang dan tenaga untuk kemajuan sekolah.

Hermansyah, salah seorang wali murid mengatakan, sejak metode belajar aktif Program PINTAR dilaksanakan, terjadi perubahan sikap pada anaknya. Diakuinya, sang anak mulai memiliki rasa tanggung jawab terhadap sekolah.

"Jika sebelumnya malas bangun sekolah, sekarang bisa bangun sendiri. Kesadaran mengerjakan tugas sekolah pun mulai terbangun. Bahkan, mulai pandai bersosialisasi dengan temannya di sekolah," jelasnya.



Hal yang sama terjadi di SDN 131/IV Kota Jambi. Sekolah ini sangat istimewa, karena inklusi menggabungkan siswa berkebutuhan khusus dengan reguler dalam satu kelas. Sedikitnya, ada 32 anak kebutuhan khusus di sekolah ini.

Metode pembelajaran aktif dalam Program PINTAR ternyata sangat cocok digunakan untuk siswa dengan kebutuhan khusus.

Yani (46), orang tua siswa mengatakan, sejak mengikuti pola belajar aktif dari Program PINTAR, anaknya M Hasdi (12) siswa Kelas 6A, menjadi lebih cakap dalam menangkap pelajaran. Sosialisasinya di sekolah pun lebih baik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3475 seconds (0.1#10.140)