Sempat Terpuruk karena Covid-19 hingga Dapat Rapor Merah, Pendidikan di Batanghari Bangkit

Kamis, 20 Oktober 2022 - 02:29 WIB
loading...
A A A
Dilanjutkan dia, warga Batanghari, banyak yang menggantungkan hidupnya dari pertanian. Sehingga, banyak orang tua yang tidak memantau pelajaran anak-anaknya.

Akibatnya, pendidikan hanya diserahkan kepada guru di sekolah. Yang menjadi soal, Batanghari saat ini kekurangan tenaga pengajar berkualitas hingga sebanyak 950 orang dan harus ditutupi dengan honorer.

"Untuk tenaga pengajar, kita juga masih kekurangan orang. Kebutuhan guru masih kurang 950 orang lagi. Akhirnya kita menutupinya dengan pengangkatan P3K 950 orang dan sedang proses," terangnya.



Maka itu, pemerintah daerah merasa sangat terbantu dengan kehadiran Tanoto Foundation (TF) yang telah bermitra dengan mereka. Di mana, para guru dilatih menjadi tenaga pendidikan yang berkualitas.

Sedikitnya, ada sebanyak 24 sekolah tingkat SD dan SMP sederajat yang telah menjadi mitra TF. Terdiri dari 16 SDN dan 8 SMPN yang dua di antaranya sekolah madrasah.

Dari 24 sekolah mitra itu, sebanyak 32 guru dan kepala sekolah di antaranya telah mendapatkan pelatihan peningkatan kualitas belajar mengajar dari TF. Para guru inilah yang menjadi tenaga penggerak pendidikan.

Metty Hartina, salah seorang guru tersebut mengatakan, saat pandemi Covid-19, para guru sempat bingung. Mereka tidak tahu cara mengajar siswa di masa pagebluk itu.



"Ketika pemerintah pusat melakukan pembatasan sekolah, kami bingung, baru setelah mengikuti pelatihan TF, kami tahu menghadapi pengajaran saat pandemi," katanya, kepada SINDOnews.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)