Pelindo III Bersinergi Tekan Biaya Logistik Jalur Laut

Senin, 06 Juli 2020 - 09:22 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto mengatakan, pihaknya telah berhasil menerapkan joint inspection di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS).

Sistem ini telah berhasil menekan biaya logistik di pelabuhan sebanyak 38 persen. Apabila status petikemas flag joint inspection di sistem Single Submission sudah terbit sebelum bongkar di pelabuhan, maka efisiensi biaya logistik di pelabuhan mencapai 49 persen.

"Kami sudah mengkalkulasi kemungkinan efisiensi tersebut secara cermat. Jika ini sudah bisa dilakukan di sebagian besar pelabuhan khususnya Pelindo III, efisiensinya akan cukup besar. Terlebih kami sudah menerapkan teknologi single platform dalam hal pelayanan logistik ini. Jadi kami sangat siap jika akan diterapkan secara menyeluruh di lingkungan Pelindo III," pungkas Putut.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Inpres No. 5/2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional (Ekolognas) pada 16 Juni 2020. Inpres tersebut bertujuan meningkatkan kinerja logistik nasional, memperbaiki iklim investasi, dan meningkatkan daya saing ekonomi nasional.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)