Diterjang Banjir dan Hujan Lebat, 5 Kecamatan di Lebak Kesulitan Air Bersih

Kamis, 13 Oktober 2022 - 08:08 WIB
loading...
Diterjang Banjir dan Hujan Lebat, 5 Kecamatan di Lebak Kesulitan Air Bersih
Akibat sering terjadi hujan dan banjir, warga di lima kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, kesulitan mendapatkan air bersih. Foto/iNews TV/Iskandar Nasution
A A A
LEBAK - Banjir dan hujan lebat yang kerap menerjang wilayah Kabupaten Lebak, Banten, mengakibatkan warga di lima kecamatan mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Selama ini mereka banyak menggantungkan pasokan air bersih dari sungai.



Lima kecamatan yang warganya keculitan mendapatkan air bersih, ada di Kecamatan Cibeber, Kecamatan Panggarangan, Kecamatan Cilograng, Kecamatan Cigemblong, dan Kecamatan Bayah.



Kondisi paling parah dirasakan warga di Kecamatan Cibeber. Sejak sepekan terakhir cuaca buruk terus menghantui mereka. Hujan dengan intensitas tinggi, membuat warga sulit beraktivitas.



Salah seorang warga Cibeber, Ellis mengaku, kondisi air sungai selalu keruh dan berwarna kecoklatan. "Air sungai sangat kotor akibat banjir, sehingga kami tidak bisa mencuci pakaian. Airnya bercampur lumpur," ungkapnya.

Sungai yang kondisinya keruh dan kecokelatan akibat banjir, yakni Sungai Cibareno, Sungai Cisiih, Sungai Cimadur, Sungai Cicantra, Sungai Peucang, dan Sungai Cibadak. Sungai-sungai tersebut, selama ini sering banjir dan airnya meluap.



Warga lainnya, Bahrudin menyebutkan, sudah sepekan ini sulit mencuci pakaian di sungai akibat air sungai keruh. "Meski hanya hujan gerimis, namun sungai tetap kotor karena di hulu sungai terjadi hujan deras. Banjir juga merendam sumur warga, sehingga sulit mendapatkan air bersih," ungkapnya.

Warga berharap segera mendapatkan bantuan air bersih, karena menjadi kebutuhan utama untuk masak, mandi, mencuci, dan kebutuhan lainnya. Selain itu, mereka yang menjadi korban banjir juga membutuhkan makanan siap saji, karena sulit melakukan aktivitas.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2309 seconds (0.1#10.140)