Cegah COVID-19, Pemkot Surabaya Siapkan 5 RS Rujukan bagi Ibu Hamil

Minggu, 05 Juli 2020 - 13:07 WIB
loading...
Cegah COVID-19, Pemkot Surabaya Siapkan 5 RS Rujukan bagi Ibu Hamil
Kadinkes Kota Surabaya dr Febria Rachmanita. Foto/INEWSTv/Hari Tambayong
A A A
SURABAYA - Pemerintah Kota surabaya memaksimalkan agar masyarakat tidak terpapar COVID-19 terutama bagi ibu hamil. Untuk menghindari penularan virus Corona dan meningkatnya angka kematian ibu dan anak, Pemkot Surabaya merekomendasikan 5 rumah sakit rujukan untuk melayanani pemeriksaan dan persalinan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita mengatakan, 5 rumah sakit rujukan khusus ibu dan anak antara lain, RS Ibu dan anak Kendangsari, RS Al-irsyad, RSS Soewandi, RS Putri, dan RS BDH. (BACA JUGA: Ibu di Blitar Meninggal, 3 Anaknya Juga Positif COVID-19 )

"Lima rumah sakit ini ditunjuk setelah sejumlah rumah sakit umum seperti RSUD Dokter Soetomo untuk sementara tidak lagi melayani ibu hamil karena hanya akan melayani pasien yang menderita penyakit berat," kata Febria. (BACA JUGA: Kota Malang Zona Merah, 2 Orang Reaktif Langsung Diisolasi )

Selain itu, ujar Kadinkes, penyediaan rumah sakit rujukan itu juga sebagai upaya yang dilakukan pemkot untuk menghindari meningkatnya angka kematian ibu dan anak.

Seperti diketahui, ibu hamil rentan tertular COVID-19. Selain bagi ibunya juga kepada bayi dalam kandungan. Di Kota Surabaya, sejak pandemi, sudah lebih dari 20 ibu hamil terpapar COVID-19.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2193 seconds (0.1#10.140)