60 Anak Muda Papua Dapat Beasiswa dari BNPT-Kemendikbud

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 20:57 WIB
loading...
60 Anak Muda Papua Dapat Beasiswa dari BNPT-Kemendikbud
Sebanyak 60 anak muda Papua mendapat beasiswa Program Papua Hati kerjasama antara BNPT bersama Kemendikbud. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - Sebanyak 60 anak muda Papua mendapat beasiswa Program Papua Hati kerjasama antara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Beasiswa diberikan berupa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) kepada 60 putra-putri Papua di Jayapura pada Jumat (7/10/2022).



Pemberian beasiswa tersebut merupakan bentuk kehadiran negara dalam upaya membangun kesiapsiagaan nasional dalam mencegah generasi muda dari paparan ideologi radikalisme terorisme yang menghalalkan kekerasan.

Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar berharap beasiswa pendidikan tersebut dapat meningkatkan kualitas generasi muda untuk membangun Indonesia khususnya Papua yang maju, damai dan harmonis.

"Kita masuk era bonus demografi di mana usia produktif sangat dominan dan dengan SDM yang terdidik bisa menyongsong Indonesia emas, bisa membawa kemajuan Papua di masa mendatang," kata Boy Rafli yang merupakan mantan Kapolda Papua.

Sedangkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) Wilayah XIV, Suriel Mofu mengapresiasi BNPT yang telah hadir untuk Papua.


Dia optimistis program beasiswa ini menjadi modal generasi muda Papua untuk melawan radikalisme terorisme dari hulu hingga ke hilir.

"BNPT membantu kami mengawal sehingga penerima beasiswa perguruan tinggi meningkat tahun ini, kualitas (sumber daya manusia) jadi modal bangsa ini, jadi bangsa yang berkualitas, mereka secara sadar memutuskan melakukan sesuatu yang melawan (radikalisme terorisme)," kata Suriel.



Selain itu, BNPT juga menggelar serangkaian kegiatan pencegahan radikalisme dan terorisme di Papua. Di antaranya pengukuhan Duta Damai Dunia Maya Provinsi Papua, deklarasi kesiapsiagaan nasional dan penandatanganan nota Kesepahaman antara BNPT dan BAMAG Lembaga Keagamaan Kristen Indonesia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)