Landak Sumatera Mengamuk di Rumah Polisi Membuat Warga Ketakutan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 22:07 WIB
loading...
Landak Sumatera Mengamuk di Rumah Polisi Membuat Warga Ketakutan
Ilustrasi landak Sumatera. Foto: Istimewa
A A A
BUKITTINGGI - Seekor landak mengamuk dan masuk ke rumah seorang anggota polisi Aiptu Atma, di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Landak tersebut berlari naik ke tangga dan masuk toilet rumah.

Petugas Satpol PP Bukittinggi, Nofrial mengatakan, saat kejadian dirinya sedang melintas dan berhenti untuk membantu warga dengan menangkap landak Sumatera itu.

"Saya baru kali ini menangkap satwa yang seperti ini. Saya hanya pernah menangkap ular, kalau untuk menangkap landak baru pertama kali ini," katanya, kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Kelompok Pemburu di Gunung Sanggabuana Kepergok Pecinta Alam saat Asyik Kuliti Landak

Landak itu kemudian berhasil ditangkap dan dimasukkan ke dalam kardus. Namun, landak yang mengamuk itu kembali lepas. Setelah ditangkap kembali, landak dimasukkan ke dalam drum.

Sementara itu, Aipru Atma Putra, anggota Polsek Bukittinggi, pemilik rumah mengatakan, saat kejadian pintu depan rumahnya memang terbuka. Dia tidak menyangka ada landak mengamuk masuk ke rumahnya.

"Landak ini berkeliaran di pemukiman masyarakat, lalu dia masuk ke dalam rumah yang kebetulan pintu depannya terbuka. Dia naik ke atas lewat tangga, membuat anak kos di tangga ketakutan dan histeris juga," jelasnya.

Baca: Lahan Diterjang Banjir, Petani di Landak Harus Segera Urus Klaim Asuransi

Terpisah, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Bukittinggi, Vera Ciko mengatakan, landak Sumatera satwa yang tidak dilindungi.

"Warga kerap memburu landak Sumatera untuk obat, dan menjualnya di pasar gelap atau tidak resmi. Landak Sumatera ditawar dengan harga Rp500 ribu perkilogramnya," sambungnya.
(san)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1925 seconds (11.97#12.26)