5 Hektare Lahan Semak Belukar di Ogan Ilir Terbakar

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 00:21 WIB
loading...
5 Hektare Lahan Semak Belukar di Ogan Ilir Terbakar
Kebakaran hutan dan lahan seluas sekitar lima hektare terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan
A A A
OGAN ILIR - Kebakaran hutan dan lahan ( karhutla ) kembali terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sedikitnya lahan seluas 5 hektare di Desa Muara Baru, Kecamatan Pemulutan, terbakar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat mengatakan, lahan yang terbakar tersebut merupakan semak belukar ilalang, bukan lahan gambut.

"Kita mendapatkan informasi adanya lahan yang terbakar di Desa Muara Baru itu dari Satgas Darat," ujar Edi, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: 4 Jam, Mantan Bupati Ogan Ilir Diperiksa Kejaksaan terkait Dana Hibah Bawaslu

Setelah memastikan informasi tersebut benar, lanjut Edi, tim yang terdiri dari BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Manggala Agni Daops Sum-XIV/Banyuasin, serta kepolisian langsung bergerak ke lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman.

"Karena lokasi kebakaran bisa ditempuh kendaraan, maka untuk memadamkan lahan semak belukar yang terbakar itu kita lakukan dengan cara pemadaman darat," jelasnya.

Dalam proses pemadaman tersebut, belasan orang petugas diketahui saling bahu membahu menembus semak belukar untuk memadamkan api yang berkobar. "Kita lakukan pemadaman dengan satu unit mobil tangki air serta mesin pompa," katanya.

Usai upaya memadamkan lahan seluas 1,7 hektare yang terbakar tersebut, api akhirnya berhasil dipadamkan tadi malam sekitar pukul 19.00 WIB. "Proses pemadaman sudah dilakukan dan berjalan dengan lancar, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini," jelasnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)