Kenalkan Kota Pare-Pare sebagai Kota Cinta, Taufan Pawe Sukses Boyong Penghargaan KDI 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 12:12 WIB
loading...
A A A
Ketika berkunjung ke Parepare ikon kota satu ini wajib dikunjungi. Monumen tersebut diresmikan langsung oleh BJ Habibie bertepatan pada hari ulang tahun pernikahannya dengan Ainun Habibie. Pembangunan Monumen Cinta Sejati Ainun Habibie menjadi wujud cinta dan penghargaan masyarakat Kota Pare-pare atas jasa-jasa BJ Habibie.

Kenalkan Kota Pare-Pare sebagai Kota Cinta, Taufan Pawe Sukses Boyong Penghargaan KDI 2022

Monumen Cinta Sejati Ainun Habibie. (Foto: dok Pemko Parepare)

Selain itu, Taufan Pawe memiliki visi dan misi membuat kota ini menjadi kota industri tanpa cerobong asap. Dirinya berharap, Kota Parepare terus bertransformasi menjadi Kota Tanpa Cerobong Asap yang memfokuskan kekuatan pada tiga pilar yaitu kesehatan, pendidikan dan pariwisata. Adapun tujuan pembentukan kota industri tanpa cerobong asap agar bisa menciptakan multiplier effect.

Sementara di bidang kesehatan, Kota Pare-pare menghadirkan RS Hasri Ainun Habibie sebagai rumah sakit rujukan regional yang berkonsep Medical Tourism. Rumah sakit ini dilengkapi fasilitas memadai layaknya hotel berbintang lima ditunjang pemandangan alam eksotisme di depannya

Di bidang pendidikan, Parepare pun kini memiliki perguruan tinggi negerinya sendiri. Institut Negeri Teknologi BJ Habibie merupakan institut negeri kelima di Indonesia dan pertama yang berada di luar Pulau Jawa.

Pada bidang pariwisata, Kota Parepare terkenal dengan menggelar Festival Salo Karajae merupakan festival pesisir sungai terbesar di Sulsel yang masuk dalam kalender event nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tak hanya itu, terdapat ikon pariwisata lainnya seperti Anjungan Cempae, Taman Mattirotasi, jembatan Tonrangeng Riverside, revitalisasi alun-alun Kota Andi Makkasau, Boardwalk Salo Karajae dan Teras Empang Cafe and Resto.

Kawasan kuliner lainnya juga ada di Pare Beach City, Tak jauh dari sana, terdapat Pasar Senggol, yaitu ikon Parepare yang terkenal dengan cakarnya.

Selain masjid Apung habibie yang kini tengah dibangun, nantinya, akan dibangun pula Museum BJ Habibie di Kota Parepare, yang menjadi bentuk dedikasi terhadap jasa dan buah pikiran dari almarhum BJ Habibie.

Taufan Pawe menuturkan, penghargaan ini memiliki arti penting yakni menjadi penyemangat untuk terus berinovasi serta memajukan wisata di daerahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)