Kisah Mpu Gandring, Pembuat Keris yang Jadi Langganan Bangsawan Pulau Jawa

Selasa, 27 September 2022 - 05:04 WIB
loading...
A A A
Sikap Mpu Gandring tetap sama, tidak mau menyerahkan keris yang baru setengah jadi itu. Namun hal itu tak diterima Ken Arok dan tetap ngotot untuk mengambil keris itu. Baca juga: 7 Keris Legenda yang Disebut Memiliki Kesaktian di Nusantara

Keduanya pun terlibat adu mulut. Tersulut emosi, Ken Arok merampas keris itu lalu menusuknya ke tubuh Mpu Gandring. Mpu Gandring pun tewas dalam sekali tikam dengan keris buatannya sendiri.

Ken Arok tampak puas karena meski keris itu baru setengah jadi, namun sudah memiliki kesaktian. Buktinya, hanya sekali tusuk, Mpu Gandring langsung terkulai di hadapannya. Untuk menguji kesaktiannya pula, Ken Arok lalu menikam lumpang batu milik Mpu Gandring. Batu itu pun pecah.

Konon, dDlalam kondisi sekarat, Mpu Gandring sempat melontarkan kutukan terhadap Ken Arok. Mpu Gandring memberikan sumpah dan mengutuk, bahwa keris itu bakal menewaskan tujuh nyawa keturunan Ken Arok, termasuk Ken Arok sendiri.

Kutukan terbukti. Niat Ken Arok membunuh Tunggul Ametung, memang tercapai. Ia menikam atasanhya dalam sekali tikaman. Namun, senjata yang sama kemudian menghabisi nyawanya dan keturunannya.
(don)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2660 seconds (11.252#12.26)