Sosok Prof Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Ternyata Ahli Sel Punca

Sabtu, 24 September 2022 - 21:44 WIB
loading...
Sosok Prof Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Ternyata Ahli Sel Punca
Guru Besar UGM Prof Samekto Wibowo yang berpulang usai mengalami musibah terseret ombak di Pantai Pulangsawal, Gunungkidul, DIY merupakan ahli sel punca. Foto/Ist
A A A
SLEMAN - Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Samekto Wibowo (78) telah berpulang usai mengalami musibah terseret ombak di Pantai Pulangsawal, Gunungkidul, DIY, Sabtu (24/9/2022).

UGM kehilangan sosok yang selama ini mumpuni dalam bidang sel punca (stem cell), syaraf dan otot. Almarhum sempat mengembangkan obat suplemen untuk mendukung kesehatan syaraf dan otot.

Baca juga: UGM Berduka! Prof Samekto Wibowo Meninggal Terseret Ombak di Pantai Pulangsawal

Rektor UGM, Prof Ova Emilia menuturkan, Prof Samekto merupakan guru besarnya. Sehingga dirinya memiliki kedekatan sebagai seniornya. Prof Samekto merupakan sosok yang aktif berkarya di bidang biologi khususnya syaraf dan otot.

"Beliau adalah senior langka dan jarang ditemukan beliau dekat dengan siapapun," tutur Ova Emilia.

Ova mengaku dekat dengan Prof Samekto, karena almarhum juga merupakan salah satu gurunya semasa masih menjadi mahasiswa.

Almarhum selama berkarya di Departemen Ilmu Penyakit Syaraf FakultasKedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM dikenal sangat telaten. Dengan semua mahasiswa, almarhum rajin mengajari, beliau rajin untuk meneliti.

Baca juga: Terseret Ombak Pantai Gua Cemara, 2 Wisatawan Tewas 5 Hilang

Menurutnya Prof Samekto segan-segan membimbing, memberi masukan, sangat rendah hati dan tidak segan berbagi ilmu dengan peneliti muda. Karena Prof Samekto terkenal sebagai orang baik yang mendidik dan mendorong orang muda staf muda untuk berkembang

"Kami sangat kehilangan karena peristiwa ini," ujar Ova Emilia.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Dina W Kariodimedjo menambahkan, almarhum juga menjabat sebagai Ketua Tim Sel Punca UGM.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2059 seconds (11.97#12.26)