Komitmen Majukan Sektor Wisata, Bupati Samosir Raih Penghargaan KDI 2022

Kamis, 22 September 2022 - 23:04 WIB
loading...
Komitmen Majukan Sektor Wisata,  Bupati  Samosir Raih Penghargaan KDI 2022
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom saat diwawancara usai menerima penghargaan KDI 2022 di Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).
A A A
SEMARANG - Berkat komitmen memajukan sektor pariwisata melalui berbagai inovasi, Bupati Samosir meraih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022. Penghargaan diterima langsung Bupati Samosir Vandiko T. Gultom di Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).

Bupati Vandiko menyatakan, rasa bangga atas apresiasi yang diberikan MNC Portal Indonesia dan Koran Sindo kepada dirinya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal Indonesia yang telah memberikan apresiasi KDI 2022, kami meraih apresiasi dalam kategori kepala daerah inovatif di bidang pariwisata, “ katanya

Samosir yang dijuluki sebagai Negeri Indah Kepingan Surga sehingga menjadikan Bupati Vandiko beserta jajarannya terus terpacu untuk menjadi daerah inovatif di sektor pariwisata berbasis lingkungan. Kabupaten Samosir memiliki objek wisata andalan yaitu Geopark (Taman Bumi) yang berpusat di kawasan Sigullati. Objek Wisata Geopark ini mempunyai fungsi Konservasi, fungsi Edukasi dan fungsi Ekonomi.

Bahkan dalam penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari, Pemerintah Kabupaten Samosir secara terus-menerus membudayakan Sapta Pesona melalui berbagai kebijakan hingga kegiatan Seni Budaya dan penerapan Sapta Pesona menjadi muatan lokal dalam pelajaran di sekolah.

Disamping itu, upaya Kabupaten Samosir dalam peningkatan kualitas pelayanan dan promosi serta pengembangan kepariwisataan dilakukan secara sinergis dengan berbagai lembaga seperti, PHRI, FPP dan HPI juga dengan kelompok sadar wisata. Pada Mei 2022, Kabupaten Samosir melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berhasil melakukan gebrakan dengan meningkatkan PAD dari retribusi masuk obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Samosir yaitu sebesar Rp242,8 Juta.

PAD ini diperoleh selama selama Januari hingga Juni 2022 sebesar Rp1.063.916.000 serta jumlah pengunjung Januari hingga Juni 2022 sebanyak 268.596 orang.

Komitmen pada wisata Bupati Samosir juga mendapat respons dari swasta. Salah satunya menjadi wilayah pilot project mobil listrik untuk mempercepat pengurangan emisi karbon dan polusi udara. Proyek mobil listrik ini untuk menunjang wisata ramah lingkungan guna menetralisir karbon dan menuju nol emisi karbon pada 2060 mendatang.

Ia juga melakukan inovasi lain yakni mendorong desa-desa di Kabupaten Samosir menjadi desa wisata. “Kami mendorong dan saat ini sudah ada 54 desa wisata di kabupaten Samosir yang mana ini adalah untuk menggali potensi-potensi desa dan juga membuat kemandirian desa tersebut dan inovasi, “ katanya.

Selanjutnya dalam pengembangan desa wisata, ia berkolaborasi tidak hanya mengandalkan keindahan alam tetapi juga mengkombinasikan kearifan lokal. “Diantaranya keindahan alam yang ada di desa dikombinasikan dengan tarian. Kami juga mengkombinasikan agar rumah-rumah adat tidak tertinggalkan maka digunakan menjadi homestay, “ paparnya.

Tak heran, dengan berbagai inovasi tersebut, Bupati Samosir menyabet penghargaan bergengsi ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)