Inovasi UMKM Berbasis Digital, Gubernur Kalteng Raih KDI 2022

Jum'at, 23 September 2022 - 08:36 WIB
loading...
Inovasi UMKM Berbasis Digital, Gubernur Kalteng Raih KDI 2022
Aster Bonawaty Mangkusari, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah saat menerima penghargaan KDI 2022 mewakili Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.
A A A
SEMARANG - Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 untuk Kategori Ekonomi dianugerahkan kepada Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. Penghargaan yang diraih tersebut tidak lepas dari terobosan inovatif yang dilakukan Gubernur Sugianto, yakni produk e-commerce TaBe atau tokokaltengberkah.com.

Penghargaan KDI 2022 diterima langsung oleh Aster Bonawaty Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah mewakili Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, Kamis malam (22/9/2022) diKelenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada MNC Portal INdonesia, MNC Group yang telah memberikan kepada Kepala Daerah Inovatif 2022. Inovasi yang sudah kami lakukan, yaitu dengan membangun aplikasi tokokaltengberkah.com, sebuah e-commerce yang menjual atau menawarkan produksi lokal Kalimantan Tengah. Terima kasih juga kepada Pemkot Semarang yang sudah menjadi tuan rumah ajang penghargaan KDI 2022," ungkapnya.

Produk inovatif berbasis digital tersebut merupakan kerja sama Pemprov Kalteng dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng. Hingga saat ini tercatat lebih dari 300 perajin dan usaha kecil menengah telah menjadi binaan Dekranasda.

Inovasi tersebut dilakukan Pemprov Kalteng dalam mendorong pelaku UMKM, agar bisa memperluas jaringan pemasaran secara online. Baik dalam skala lokal, nasional, hingga mancanegara.

Para pengrajin dan UMKM yang tergabung sebagai mitra Central Borneo Souvenir yang dikelola oleh Dekranasda sudah mencapai 65 perajin dan UMKM. Di antaranya termasuk para desainer yang tersebar di Kabupaten, Kota, se-Kalimantan Tengah.

Gubernur Sugianto mengimbau seluruh pelaku UMKM se-Kalteng, yang nantinya terhubung dalam sistem informasi TaBe dapat didukung oleh seluruh perbankan, khususnya Bank Kalteng.
Inovasi UMKM Berbasis Digital, Gubernur Kalteng Raih KDI 2022

tokokaltengberkah.com meningkatkan daya saing produk UMKM, sekaligus mengembangkan sistem jaringan usaha. dok.Pemprov Kalteng

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna menyampaikan, selamat kepada para penerima KDI 2022. "Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Karena itulah diharapkan pemerintah daerah dapat lebih memanfaatkan seluruh sumber dayanya untuk menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan daerah, maupun melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dengan terobosan dan inovasi," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar berharap agar berbagai inovasi yang dijalankan pemerintah daerah, menjadi jalan bagi kebangkitan, kesejahteraan, dan peningkatan ekonomi warga desa, serta tangga bagi kemandirian 74.961 desa seluruh Indonesia.

"Anugerah Inovatif yang diberikan MNC Portal Indonesia kepada kepala daerah ini, menjadi bagian penting dalam kerangka Good Governance. Perkembangan zaman yang sangat cepat, mau tidak mau harus dihadapi dengan kreatif, khususnya oleh para kepala daerah. Selamat kepada semua kepala daerah yang mendapatkan anugerah inovasi pada dari MNC Portal Indonesia pada tahun 2022," jelasnya.
Inovasi UMKM Berbasis Digital, Gubernur Kalteng Raih KDI 2022

Aster Bonawaty Mangkusari, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah berpose bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurnpara, serta kepala daerah lainnya usai menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif ‘KDI’ 2022. (Portal/Koran)

Kepala Daerah Inovatif ‘KDI’ digelar pertama kali di Solo, Jawa Tengah (2014), Makassar, Sulawesi Selatan (2015), Bandung, Jawa Barat (2016), DKI Jakarta (2017), Makassar, Sulawesi Selatan (2018), Padang, Sumatera Barat (2019), secara virtual karena masih dalam situasi pandemi (2020 dan 2021), dan Semarang, Jawa Tengah (2022).

Pada ajang KDI 2022 yang bertema Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong era Society 5.0 ini terdapat lima kategori penghargaan yakni pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan, dan Pendidikan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)