Survei ARCI: PKB Teratas di Jawa Timur, Partai Gerindra dan Golkar Dekati PDIP

Senin, 19 September 2022 - 18:37 WIB
loading...
Survei ARCI: PKB Teratas di Jawa Timur, Partai Gerindra dan Golkar Dekati PDIP
Hasil survei elektabiltas parpol di Jatim menempatkan PKB masih teratas, sedangkan Gerindra dan Golkar dekati PDIP.Foto/ilustrasi
A A A
SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas partai politik di Jawa Timur (Jatim). Hasilnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih di posisi teratas.

"PKB masih parpol dengan elektabilitas tertinggi di Jatim. Namun, angkanya dengan PDIP cukup tipis," kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt di Surabaya saat paparan hasil survei, Senin (19/9/2022).

Setelah PKB di peringkat pertama, disusul PDIP di peringkat ke-2. Kemudian berturut-turut ada Gerindra, Golkar, Demokrat melengkapi 5 besar.

Baca juga: Kabar Gembira! Mikrolet dan Ojek Online di Jatim Bebas Pajak Kendaraan Bermotor

Baihaki menyatakan, yang menarik elektabilitas parpol di Jatim yang menyentuh dua digit kini bertambah dengan adanya Golkar. Menurutnya, Pemilu 2024 di Jatim masih terbuka lebar untuk 5 partai meraih peringkat teratas.

Survei ARCI: PKB Teratas di Jawa Timur, Partai Gerindra dan Golkar Dekati PDIP

Accurate Research and Consulting Indonesia merilis hasil survei elektabilitas parpol Jatim

"Hari ini, yang sudah di atas 10 persen ada PKB, PDIP, Gerindra, dan Golkar. Demokrat melengkapi lima besar," jelasnya.

Baihaki membeberkan, Gerindra dan Golkar tren elektabilitasnya meningkat. Hal itu karena kedua partai mulai bergeliat aktif turun ke masyarakat.

"Akhir-akhir ini Gerindra dan Golkar sangat aktif ya membuat berbagai kegiatan dan tokoh di parpolnya rajin turun ke masyarakat. Ini membuat elektabilitas kedua partai naik," jelasnya.

Lebih lanjut, Baihaki juga menyatakan ada jarak yang cukup jauh antara partai 5 besar di Jatim dengan parpol di bawahnya. Namun, untuk posisi teratas masih bisa berubah-ubah dengan sisa waktu Pemilu 1 tahun 5 bulan.

"Posisi peringkat pertama masih cukup ketat antara PKB dan PDIP, semua masih memungkinkan. Namun untuk pakem 5 besar ini, jaraknya cukup jauh dengan partai-partai di bawahnya," tandasnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1419 seconds (10.55#12.26)