PSMTI Jatim Akan Gelar Donor Darah 3 Bulan Sekali

Minggu, 18 September 2022 - 05:38 WIB
loading...
PSMTI Jatim Akan Gelar Donor Darah 3 Bulan Sekali
Ribuan orang memadati lokasi donor darah yang digelar PSMTI Jatim di Surabaya. Rencananya, donor darah akan digelar 3 bulan sekali. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia ( PSMTI ) Jawa Timur (Jatim), menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah , Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan sosial tersebut digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) yang dipusatkan di Multifuncton Room Grand City Mall, Surabaya, yang dihadiri ribuan orang.

Nantinya, kegiatan donor darah akan digelar tiap 3 bulan sekali. “Kegiatan donor darah ini bertujuan membantu warga yang membutuhkan darah,” kata Ketua PSMTI Jatim, Pepeng Putra Wirawan.

Baca juga: Ribuan Orang Antusias Ikuti Donor Darah yang Digelar PSMTI Jawa Timur

Dia menyebutkan, di Jatim pihaknya telah membentuk kepengurusan di 34 kabupaten dan kota. “Ke depan, saya minta kepada PSMTI di kabupaten dan kota, untuk menggelar kegiatan donor darah tiap 3 bulan sekali. Dan kami sudah bekerja sama dengan PMI," katanya.



Ribuan orang antusias mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Jawa Timur (Jatim), Sabtu (17/9/2022). Acara yang digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesi a (PMI) ini dilaksanakan Multifuncton Room Grand City Mall, Surabaya.

Sementara dari pantauan, acara donor darah berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Para pendonor datang dari sejumlah wilayah di Jawa Timur seperti Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan dan Mojokerto.

Baca juga: PSMTI Jabar Ajak Masyarakat Kota Bandung Aktif Donor Darah

Sejak acara mulai digelar, pendonor sudah mengantri untuk mendonorkan darahnya. Terlebih dulu, mereka menjalani screening yang dilakukan oleh panitia. Bagi pendonor, panitia sudah menyiapkan paket sembako yang bisa dibawa pulang.

Salah satu pendonor, Murinah (22) warga Gubeng Surabaya menilai, kegiatan donor ini sangat bagus. Sebab, ini merupakan kegiatan kemanusiaan. Apalagi banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan donor darah.

Perempuan asal Tegal Jawa Tengah itu mengaku, sudah melakukan donor darah sebanyak 12 kali. "Membantu sesama manusia kan tidak harus dengan harta, dengan darah juga bisa," tukasnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1461 seconds (11.210#12.26)