Wujudkan Net Zero Emissions, Petrokimia Gresik Libatkan Warga Tanam Puluhan Ribu Mangrove

Jum'at, 16 September 2022 - 22:11 WIB
loading...
A A A
Baca: Pabrik Kertas di Malang Terbakar Hebat, Petugas Damkar Kewalahan Padamkan Api.

Lurah Lumpur, Rizki Ameliah, usai menerima bantuan mengapresiasi kepedulian Petrokimia Gresik kepada lingkungan pantai di wilayahnya. Terkait bantuan ini, ia mengaku akan berkoordinasi dengan Lima Balai yang ada di Kelurahan Lumpur.

"Kami akan melibatkan masyarakat dari masing-masing Balai, sehingga mereka turut menjaga kelestarian dari mangrove bantuan Petrokimia Gresik kedepannya," sebutnya.

Sebagai informasi, kegiatan tanam mangrove ini bukan yang pertama kalinya digelar oleh Petrokimia Gresik. Sebelumnya, Srikandi Petrokimia Gresik juga melakukan penanaman mangrove di Pusat Restorasi dan Penanaman Mangrove (PRPM) Mengare di Desa Tanjungwidoro, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik pada momen peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia beberapa waktu lalu.

PRPM Mengare sendiri merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Petrokimia Gresik yang berupa pemberdayaan masyarakat melalui konservasi ekosistem pesisir.

Tujuannya untuk mengurangi laju abrasi, meningkatkan produktivitas perikanan dan terciptanya alternatif lapangan kerja dari ekowisata pesisir terpadu.

Selain PRPM Mengare, Petrokimia Gresik juga melakukan pengembangan ekowisata mangrove di Kali Lamong yang kini sudah menjadi destinasi wisata baru di Gresik, serta berkontribusi dalam pembangunan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Mangrove Ujungpangkah, hingga mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia kategori “Private Sector/Perusahaan” tahun 2021.

“Sebagai bagian dari Pupuk Indonesia dan BUMN yang merupakan lokomtif pembangunan bangsa, Petrokimia Gresik berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara terus-menerus dalam menjalankan operasional bisnisnya untuk meminimalisasi dampak pencemaran lingkungan,” pungkas Digna.
(nag)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2820 seconds (11.210#12.26)