Pabrik Kertas di Malang Terbakar Hebat, Petugas Damkar Kewalahan Padamkan Api

Jum'at, 16 September 2022 - 19:31 WIB
loading...
Pabrik Kertas di Malang Terbakar Hebat, Petugas Damkar Kewalahan Padamkan Api
Kebakaran hebat menerjang sebuah pabrik kertas CV Kurnia Jaya yang ada di Desa Pandalandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jumat(16/9/2022). (Ist)
A A A
MALANG - Kebakaran hebat menerjang sebuah pabrik kertas CV Kurnia Jaya yang ada di Desa Pandalandung, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jumat(16/9/2022).

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang sendiri awalnya mengerahkan tiga unit mobil Damkar ke lokasi kejadian. Namun karena luasnya area yang terbakar dan keberadaan bahan-bahan yang mudah terbakar menjadikan petugas kesulitan.

Sulitnya akses membuat petugas harus menjebol tembok pabrik yang berbatasan dengan persawahan warga. Tak hanya itu, ketiadaan sumber air juga membuat mobil tangki hilir mudik mengantarkan air untuk memadamkan api.

"Kita terima laporan jam 2 siang, jam 2 lebih tiga menit kita luncurkan tiga armada. Di alam perjalanannya kebakaran besar, kita komunikasikan dengan anggota yang lain secara bertahap datang ke Mako, untuk mengambil unit, terus kita koordinasi dengan PMK kota untuk minta bantuan mobil tangki untuk suplai air," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang Goly Karyanto.

Baca: Brutal! 6 Pelajar SMK Bunuh Kucing dan Memakan Dagingnya.

Banyaknya bahan thinner dan beberapa bahan kimia lainnya membuat api masih sulit dijinakkan oleh petugas. Bahkan hingga pukul 18.00 WIB, api masih berkobar di lokasi kejadian.

"Sumber air cukup jauh. Banyak bahan kimia kayak thinner yang mudah terbakar, itu kendalanya. Selain itu di lokasi juga tidak ada hydrant," ujar Gholy kembali.

Baca Juga: Polres Lampung Tengah Gelar Upacara PTDH terhadap Aipda RS yang Tembak Mati Rekannya.

Hingga Jumat malam, sebanyak 15 unit mobil Damkar dari Damkar Kota Malang, Kota Batu dan bantuan pabrik rokok Bentoel, dikerahkan ke lokasi kejadian

"Saat ini proses pemadaman masih berlangsung. Ada 15 unit mobil pemadam termasuk mobil tangki yang dikerahkan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)