Ekonomi Sirkularitas Perlu Didorong untuk Dongkrak Investasi di Jawa Timur

Jum'at, 16 September 2022 - 07:16 WIB
loading...
Ekonomi Sirkularitas Perlu Didorong untuk Dongkrak Investasi di Jawa Timur
Packaging Circularity Senior Manager Danone Indonesia, Jeffri Ricardo (kanan) memaparkan terkait ekonomi sirkular di acara East Java Investment Week 2022
A A A
SURABAYA - Pemprov Jawa Timur mengadakan East Java Investment Week 2022 di salah satu mal Surabaya. Kegiatan yang digelar Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) ini untuk mendongkrak realisasi investasi di Jawa Timur.

Pameran investasi ini yang diikuti oleh industri maupun UMKM di Jawa Timur menunjukkan potensi ekonomi dan peluang usaha. Danone AQUA turut berpartisipasi dengan berbagi pengalaman tentang iklim investasi yang positif di provinsi ini.

"Alhamdulillah investasi di Jawa Timur tumbuh positif sebelum maupun setelah pandemi. Bahkan realisasi investasi kita meningkat bagus. Bahkan semester 1 tumbuhnya 69 persen, dibanding semester pertama tahun 2021," kata Kepala DPM-PTSP Jatim, Aris Mukiyono.

Baca juga: Gubernur Jatim Warning Kepala Daerah Hindari Praktik Jual Beli Jabatan

Packaging Circularity Senior Manager Danone Indonesia, Jeffri Ricardo menjelaskan, iklim investasi di Jawa Timur sudah mendukung. Selain ada 3 pabrik di Pandaan, Keboncandi dan Banyuwangi, saat ini pihaknya juga mendorong TPST Samtaku di Lamongan dan Gresik. Keduanya terhubung dengan Veolia Indonesia untuk membangun ekonomi sirkularitas dalam kemasan.

“Operasional di Jawa Timur ini mendukung ekosistem ekonomi sirkular, botol kemasan setelah dikonsumsi akan dikumpulkan dan dipilah melibatkan UMKM, Bank Sampah dalam payung Inclusive Recycling Indonesia (IRI)," katanya.

Dia menambahkan, botol tersebut kemudian diolah di Veolia Indonesia di Pasuruan menjadi bijih plastik daur ulang berstandar pangan. Kemudian material tersebut masuk proses produksi menjadi produk AQUA Life 1000 ml yang 100% materinya terbuat dari bahan daur ulang dan bisa diolah kembali menjadi botol.

“Proses tersebut akan membuat sampah botol akan memiliki nilai ekonomi, bisa memberi manfaat kepada pelestari tanpa harus menjadi beban bagi alam”, tambahnya.

Gerakan #BijakBerplastik tersebut ingin menciptakan siklus hidup kedua dari botol plastik bekas. Botol plastik dikumpulkan dari beberapa sumber yaitu pusat penyortiran kota (TPS3R), dan mitra pengumpulan.

Selanjutnya botol-botol tersebut akan dibawa ke mitra bisnis daur ulang Danone-AQUA untuk diolah menjadi bahan baku untuk campuran pembuatan botol baru (close loop). Proses siklus daur ulang ini berkontribusi mendukung target AQUA meningkatkan kandungan daur ulang di kemasan sebesar 50%.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1607 seconds (10.177#12.26)