Wali Kota Cilegon Raih Best Leadership in Human Resource Empowerment IVL 2022 Berkat 10 Program Strategis

Senin, 05 September 2022 - 23:58 WIB
loading...
Wali Kota Cilegon Raih Best Leadership in Human Resource Empowerment IVL 2022 Berkat 10 Program Strategis
Wali Kota Cilegon mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga meraih penghargaan Best Leadership in Human Resource Empowerment IVL 2022. Foto. MPI
A A A
JAKARTA - Wali Kota Cilegon H. Helldy Agustian, S.E., S.H., M.H. berhasil meraih apresiasi Best Leadership in Human Resource Empowerment dalam ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) 2022, yang digelar MNC Portal Indonesia (MPI), di MNC Conference Hall, INews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 5 September 2022, pukul 19.00 - 21.00 WIB.

Acara Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader 2022 disiarkan secara live streaming di welcome page tiga portal utama, yakni Okezone, Sindonews.com, iNews.id, serta dihadiri Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Menteri Hukum dan HAM Prof. Yasonna H. Laoly, Ph.D, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Drs. Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Ketenagakerjaan Indonesia Ida Fauziyah.

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna dalam opening speech mengatakan, IVL adalah signature program yang telah menjadi komitmen dari MNC Portal Indonesia untuk turut andil dalam menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang tangguh, memiliki visi, dan kemampuan beradaptasi dalam situasi yang luar biasa. Tahun ini ada 14 kepala daerah yang menerima apresiasi IVL 2022.

"IVL merupakan program strategis yang diselenggarakan berkala sejak 2017 oleh MNC Portal Indonesia dalam upaya untuk mengetahui program inovatif yang dilakukan kepala daerah dalam merumuskan, mengomunikasikan, dan mengimplementasikan, serta membudayakan visi hebat mereka," jelasnya.

Malam Inagurasi IVL 2022 kali ini terasa begitu istimewa saat host Aprilia Putri mengajak hadirin yang hadir untuk menyaksikan VT Tribute to Bapak Tjahjo Kumolo dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Dalam kesempatan itu, keluarga Alm. Tjahjo Kumolo, mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang diwakili kedua putrinya, Rahajeng Widyaswari dan Karunia Putripari Cendana, menerima penghargaan Life time Achievement, yang diberikan langsung oleh Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna dan Syafril Nasution Direktur Corporate Secretary MNC Group.

Rahajeng Widyaswari menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. "Semasa hidup Bapak selalu bekerja keras untuk Indonesia. Bapak sangat mencintai Indonesia. Dalam kesempatan ini kami mohon maaf apabila semasa hidupnya Bapak punya salah," jelasnya.

Mengenang sosok Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno mengatakan bahwa dirinya secara pribadi mengenal Tjahjo sejak masih menjadi pengusaha muda. Menurutnya beliau adalah politisi senior yang selalu hadir untuk para aktivis muda.

"Beliau juga memberikan pemahaman bahwa politik tidak selalu keras, tidak selalu gontok-gontokan, melainkan penuh senyuman. Beliau sangat humble saat menerima kita," jelas Sandi.

Wali Kota Cilegon Raih Best Leadership in Human Resource Empowerment IVL 2022 Berkat 10 Program Strategis

Indonesia Visionary Leader kali ini mengusung tema Sinergi Pemerintah Daerah untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi. Penghargaan yang sudah digelar sejak 2017 ini merupakan apresiasi dari MNC Portal Indonesia (MPI), dan diberikan kepada kepala daerah yang memiliki kualitas leadership dalam menjalankan amanah, menjadikan daerahnya memiliki daya saing yang baik, khususnya dalam menonjolkan inovasi di daerahnya masing-masing untuk percepatan ekonomi.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, sangat bersyukur atas penghargaan yang diperoleh Pemerintah Kota Cilegon. "Kami ucapkan terima kasih atas penghargaan IVL 2022. Kami Pemerintah Kota Cilegon dalam aspek pemberdayaan masyarakat memberikan beasiswa full sarjana dalam rangka mempersiapkan generasi emas pada 2045," ucap pria kelahiran 31 Agustus 1970 ini.

Pria yang akrab disapa Helldy ini menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga meraih penghargaan apresiasi Best Leadership in Human Resource Empowerment dalam ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) 2022. Penghargaan ini tentu semakin mengharumkan nama kota yang mendapat julukan Kota Baja.

“Pemerintah Kota Cilegon mengucapkan terima kasih atas apresiasi Best Leadership in Human Resource Empowerment dalam ajang Indonesia Visionary Leader (IVL) 2022. Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan tersebut, dapat lebih memotivasi kami semua untuk bekerja lebih baik lagi di masa-masa mendatang,” katanya.

Apresiasi Best Leadership in Human Resource Empowerment dalam ajang Indonesia Visionary Leader (IVL), yang berhasil diraih tersebut tidak terlepas dari program inovatif yang dilakukan Helldy. Dia menuturkan, Pemerintah Kota Cilegon terus melakukan inovasi dalam pengelolaan pemerintah daerah yang akuntabel dan profesional.

Inovasi tersebut tertuang dalam 10 program strategis dalam rangka mendorong kota yang berada di bawah payung Provinsi Banten itu menjadi kota modern, berkualitas, dan bermartabat. "Kami punya luas wilayah 162,59 kilometer persegi dan punya 10 program unggulan program," ujar Helldy.

Ia menjabarkan 10 program inovatif tersebut. Pertama, pembangunan dimulai dari tingkat RW sebesar Rp100 juta per tahun untuk dana lingkungan.

Kedua, dana hibah diberikan per dua tahun sebesar Rp 20 juta per DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) serta pelaku UMKM berdasarkan proposal melalui e-hibah bansos. Helldy menuturkan UMKM tengah menjadi prioritas Pemkot Cilegon mengingat sejauh ini kota penghasil baja terbesar di Asia Tenggara itu belum memiliki sentra UMKM.

Ketiga, melakukan peningkatan pendapatan guru honorer sebesar 50 persen, kenaikan tunjangan bagi pengawas, penilik dan kepala sekolah, serta pemberian insentif bagi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah perbatasan.

"Honor guru di kota Cilegon sudah kita naikan dari Rp450 ribu menjadi Rp675. Di atas 10 tahun menjadi Rp 1 juta, guru-guru yang ada di perbatasan dengan kabupaten lain dan di pegunungan kita naikan insentifnya Rp500 ribu dan kepala sekolah Rp1 juta.

Keempat, Pemerintah Kota Cilegon telah melakukan peningkatan honor RT maupun RW dari yang semula Rp500/bulan dan diberikan setiap 3 bulan, menjadi Rp1 juta yang diterima setiap bulan.

Kelima, mendorong pembangunan infrastruktur dan pembangunan 43 ruang terbuka publik. Keenam, sebagai upaya meningkatkan perekonomian menyediakan Pemkot Cilegon menyediakan 25 ribu lapangan kerja dengan mengadakan Forum HRD, dan ditindaklanjuti dengan edaran Wali Kota, tentang komitmen industri dalam program pemagangan tenaga kerja lokal.

Ketujuh, menyediakan beasiswa sarjana per tahun. Untuk tahun 2021 telah disalurkan kepada 523 orang penerima beasiswa tingkat sarjana selama 8 semester. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa/i di 2 universitas swasta dan 2 universitas negeri dengan IPK minimal 3, mahasiswa/i dari keluarga kurang mampu.

"Pada tahun 2022 bertambah menjadi 13 Perguruan Tinggi Swasta di Banten dan seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Pemerintah Kota Cilegon memberikan beasiswa full sarjana kepada 5 ribu orang selama 8 semester.

Delapan, peningkatan cakupan dan kualitas layanan kesehatan, seperti peningkatan cakupan JKN dari 82 persen menjadi 91 persen, penghargaan tenaga kesehatan nutrisionis terbaik tingkat nasional dari Kementerian Kesehatan, hingga pembangunan 5 lantai rumah sakit (smart hospital). “Kalau bisa nanti semua kalau mau berobat di Cilegon bisa gratis, ya," ucapnya.

Sembilan, menyediakan 8 fasilitas hobi dan komunitas (youth center) memfasilitasi 8 pojok hobi untuk komunitas. Pada tahun 2021 sudah dibangun fasilitas hobi dan komunitas di dua taman kota. Sepuluh, peningkatan profesionalitas bagi ASN melalui peningkatan 25 persen tunjangan kinerja daerah. Pendekatan alokasinya berbasis kelas jabatan dan kinerja, dengan ketentuan diatur lebih lanjut dalam regulasi.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1739 seconds (0.1#10.140)