UNM Buka Seleksi Mahasiswa PPG Gelombang 2, Berikut Persyaratannya

Senin, 29 Agustus 2022 - 14:05 WIB
loading...
UNM Buka Seleksi Mahasiswa PPG Gelombang 2, Berikut Persyaratannya
Rektor UNM, Prof Husain Syam dalam sebuah kegiatan. Foto: Humas UNM
A A A
MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka pendaftaran Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022.

Rektor UNM, Prof Husain Syam membeberkan syarat-syaratnya. Pertama, Warga Negara Indonesia (WNI), tidak terdaftar sebagai guru atau kepala sekolah pada Data Pokok Pendidik (Dapodik) dan simpatika, berusia paling tinggi 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran.

Baca juga: Rektor UNM Komitmen Dorong Kemajuan Pendidikan di Majene

Kemudian memiliki kualifikasi akademik sarjana atau diploma empat yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri. Serta memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00.

Prof Husain Syam menyebut, kuota nasional Program PPG Prajabatan Tahun 2022 adalah 40.000 mahasiswa.

Bidang studi PPG Prajabatan yang dibuka adalah Guru Kelas SD, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn), Sejarah, Ekonomi, Biologi, Kimia, Fisika, Geografi, Sosiologi, Bimbingan Konseling dan Seni Budaya.

Perkuliahan PPG Prajabatan dilaksanakan selama dua semester dan biaya pendidikanuntuk setiap semester sebesar Rp8,5 juta.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan sebagai Mahasiswa PPGPrajabatan Tahun 2022 akan memperoleh beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan sebesar Rp17 juta untuk mengikuti perkuliahan selama dua semester.

Baca juga: Pangdam Hasanuddin Beri Motivasi ke Mahasiswa Baru UNM

Ada tiga tahapan seleksi yang akan dilaksanakan, yaitu tahap I seleksi administrasi untuk menyeleksi berkas dan persyaratan administrasi dilakukan secara daring atau online melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1387 seconds (10.177#12.26)