LP2M UNM Gelar Workshop SINTA, 400 Dosen Jadi Peserta

Sabtu, 03 September 2022 - 18:16 WIB
loading...
LP2M UNM Gelar Workshop SINTA, 400 Dosen Jadi Peserta
Ketua LP2M UNM, Prof Bakhrani Rauf. Foto: Humas UNM
A A A
MAKASSAR - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan sosialisasi dan workshop Pemutakhiran Data pada SINTA (Science And Technology Index).

Sosialisasi dan workshop tersebut digelar via Zoom Meetings, pada Sabtu (3/9/2022). Dikuti oleh lebih dari 400 peserta yakni dosen dari berbagai Fakultas dan PPs UNM.

Baca juga: Festival Sandeq 2022, Perahu Merpati Putih Milik PHS Juara Pertama Etape II

SINTA bisa dikatakan sebagai “Scopus ala Kemenristek Dikti” yang memiliki skema dan fitur sama sebagai database. Setiap jurnal ilmiah yang berkualitas akan terindeks atau masuk ke dalam database SINTA.

Dalam laporannya, Ketua LP2M UNM, Prof Bakhrani Rauf mengatakan, pemutakhiran ini harus dilakukan setiap saat karena sangat berpengaruh terhadap kinerja kepangkatan dosen di lingkup UNM.

Sementara itu, mewakili Rektor UNM, Prof Hasnawi Haris selaku wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan apresiasi kepada LP2M UNM beserta seluruh tim yang menginisiasi pemutakhiran data pada SINTA.

"Ke depan akan semakin banyak pembenahan dan hal-hal secara administrasi yang harus diselesaikan. SINTA adalah satu momentum dan forum yang baik, saya pikir banyak saya lihat dosen memang harus fokus pada pemutakhiran data SINTA ini," ujarnya.

Mantan Dekan Fakuktas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) UNM ini juga berpesan agar ke depan, peranan pimpinan dan dosen bisa menaikkan rangking UNM di SINTA maupun di World Class University.

Baca juga: Rektor UNM Prof Husain Terima Penghargaan Tokoh Pendidikan

"Ini menjadi perhatian bagi semua dosen dan seluruh staf di universitas terkait SINTA kita, bukan hanya pimpinan. Sehingga ini bisa memberikan manfaat untuk dibenahi satu-persatu publikasi kita," terang Prof Hasnawi.

"Saya menyampaikan kepada semua khususnya pada pemateri untuk memberikan panduan agar ibu bapak bisa mengikuti secara maksimal, ini untuk pemenuhan indikator kinerja kita sehingga akan benar-benar bermanfaat bagi kita semua," pungkasnya.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3614 seconds (11.252#12.26)