Panen Raya Jagung, Andi Utta Ajak Pemuda Tidak Gengsi untuk Bertani

Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:40 WIB
loading...
A A A
"Nah ini mudah diekspor. Kalau beras kita agak sulit karena masih menggunakan pupuk kimia," jelasnya.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba Thaiyeb Maningkasi mengemukakan, dengan topografi bervariasi, maka Kabupaten Bulukumba memiliki potensi pertanian yang bervariasi pula, seperti padi, jagung, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar, porang, durian, rambutan, mangga, manggis, alpukat, sayuran, kopi, tanaman kehutanan dan lainnya.



"Tercatat untuk komoditas jagung di Bulukumba, potensi lahannya 26.298 hektar. Yang sudah dikembangkan 16.082 hektar. Peluang pengembangan seluas 10.216 hektar. Produksi rata-rata 3 tahun terakhir adalah 145.460 ton pipilan kering dengan produktifitas 51,45 kwintal perhektar," ujarnya.

Thaiyeb menjelaskan, untuk wilayah pertanaman jagung di Bulukumba, petani biasanya menanam dengan monokultur dan sistem tumpang sari antara tanaman pohon dengan komoditi tanaman pangan lainnya.

"Kegiatan panen raya jagung NK 007 ini, sebagai bagian penting dalam mengaplikasikan teknologi dengan harapan dapat meningkatkan produksi bagi petani Bulukumba," tukasnya.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2558 seconds (0.1#10.140)