Kisah Gajah Mada Pimpin Pasukan Bhayangkara Tumpas Pemberontakan Ra Kuti

Minggu, 21 Agustus 2022 - 06:09 WIB
loading...
Kisah Gajah Mada Pimpin Pasukan Bhayangkara Tumpas Pemberontakan Ra Kuti
Gajah Mada yang memimpinan pasukan khusus Bhayangkara berhasil menumpas pemberontakan Ra Kuti yang ingin membunuh Raja Majapahit Shri Jayanegara. Foto/Ist
A A A
Mahapatih Gajah Mada saat masih menjadi pimpinan pasukan khusus Bhayangkara yang bertugas mengawal Raja Majapahit berhasil menumpas sejumlah pemberontakan yang dilakukan pejabat di lingkaran kekuasaan.

Kisah Gajah Mada Pimpin Pasukan Bhayangkara Tumpas Pemberontakan Ra Kuti

Foto/Ist

Sosok yang akhirnya menjadi mahapatih yang terkenal dengan Sumpah Palapa itu berhasil menggagalkan upaya pembunuhan terhadap Raja Majapahit, Shri Jayanegara oleh Ra Kuti.

Baca juga: Kisah Pertarungan Sengit Gajah Mada Melawan Sunan Bejagung Lor di Watu Gajah Tuban

Shri Jayanegara merupakan putra Raden Wijaya yang naik takhta menjadi Raja Majapahit kedua.

Sosok Ra Kuti merupakan salah satu dari tujuh orang Dharmaputra yang dibentuk pada masa Raja Majapahit pertama, Raden Wijaya. Berdasarkan naskah kitab Pararaton, para Dharmaputra disebut merupakan pengalasan wineh suka, yang artinya pegawai istimewa yang sangat disayangi raja.

Tujuh orang Dharmaputra atau tersebut yaitu Ra Kuti, Ra Semi, Ra Tanca, Ra Wedeng, Ra Yuyu, Ra Banyak, dan Ra Pangsa. Ketujuh orang ini akhirnya tewas dalam pemberontahan di masa pemerintahan Raja Shri Jayanegara.

Menurut Dr Purwadi dalam buku Sejarah Raja-Raja Jawa, Ra Kuti terlihat paling unggul di antara sejumlah Dharmaputra. Dia berusaha untuk mendapatkan kepercayaan serta selalu berusaha dekat dengan raja.

Baca juga: Misteri Mahapatih Gajah Mada Meditasi di Pertapaan Madakaripura hingga Moksa

Diam-diam, Ra Kuti memiliki misi khusus untuk mewujudkan keinginan yang selama ini dipendamnya. Dia dendam dan marah kepada Raja Shri Jayanegara! Sehingga ingin membunuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1785 seconds (10.55#12.26)