Bayi Tewas Akibat Persalinan Normal Macet, IDI Sesalkan Langkah Hukum Polisi terhadap RSUD Jombang

Kamis, 04 Agustus 2022 - 09:58 WIB
loading...
Bayi Tewas Akibat Persalinan Normal Macet, IDI Sesalkan Langkah Hukum Polisi terhadap RSUD Jombang
Tindakan polisi mengambil langkah hukum terhadap RSUD Jombang, terkait kasus tewasnya bayi saat proses persalinan, disayangkan petinggi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Foto/iNews TV/Mukhtar Bagus
A A A
JOMBANG - Langkah hukum yang diambil polisi dalam penanganan tewasnya bayi akibat persalinan normal macet di RSUD Jombang, sangat disesalkan oleh petinggi Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Mengingat, IDI belum diberi kesempatan melakukan investigasi.

Baca juga: Bayi Meninggal karena Persalinan Macet, Ini Penjelasan RSUD Jombang

Menurut salah satu anggota Majelis Kode Etik Kedokteran dan Dewan Pakar Pengurus Besar IDI, Zulfikar Asad, seharusnya sebelum polisi melakukan langkah hukum terhadap kasus persalinan normal di RSUD Jombang tersebut, IDI diberi kesempatan untuk investigasi.



Zulfikar yang juga Ketua Asosiasi Rumah Sakit NU se-Indonesia, menilai kasus medis seperti yang terjadi di RSUD Jombang, seharusnya ditangani terlebih dahulu oleh organisasi profesi yang menaungi paramedis.

Baca juga: Kisah Syekh Malang Sumirang, Tetap Hidup saat Dibakar Sunan Kudus di Alun-alun

"Polisi seharusnya tidak gegabah, dan memberikan kesempatan kepada IDI untuk melakukan proses organisasi dengan investigasi langsung mengenai prosedur medis yang dilakukan RSUD Jombang," tegasnya.

Baca juga: Komplotan Pembobol 26 Mesin ATM di Sumatera Selatan Dilumpuhkan Polisi, Begini Modus Operandinya

Dia menambahkan, dari hasil investigasi yang dilakukan IDI tersebut, barulah akan diketahui ada tidaknya pelanggaran yang terjadi dalam proses persalinan normal yang macet tersebut, dan dapat segera direkomendasikan ke penegak hukum.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1440 seconds (10.55#12.26)