Literasi Digital Sektor Pemerintahan di Lingkungan ASN Provinsi Jawa Tengah

Rabu, 03 Agustus 2022 - 20:31 WIB
loading...
Literasi Digital Sektor Pemerintahan di Lingkungan ASN Provinsi Jawa Tengah
Kemenkominfo dan BPSDM Kemendagri bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan literasi digital sektor pemerintahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Jawa Tengah. (Ist)
A A A
SEMARANG - Kemenkominfo dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan literasi digital sektor pemerintahan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Hotel PO, Semarang pada hari Selasa, 26 Juli 2022 dan berlanjut hingga tanggal 29 Juli 2022. Di hari pertama, kegiatan ini dihadiri oleh 6.000 ASN dari berbagai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) di Provinsi Jawa Tengah.

Targetnya, akan ada 24.000 ASN Provinsi Jawa Tengah yang akan mengikuti kegiatan ini. Kegiatan literasi digital sektor pemerintahan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital bagi ASN di Indonesia.

Peningkatan pemahaman literasi digital ASN merupakan salah satu target nasional Kemenkominfo menuju transformasi digital di Indonesia.

Kapasitas masyarakat Indonesia perihal literasi digital memiliki skor 3.49 dari 5.00, yang berada dalam kategori “sedang”. Hal ini berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021.

Kegiatan literasi digital di sektor pemerintahan merupakan salah satu inisiasi Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno.

Dalam sambutannya, Sumarno menekankan bahwa jangan sampai ada lagi ASN gaptek (gagap teknologi) dalam pelayanan publik yang saat ini serba digital.

“Jadi ASN tidak boleh ketinggalan literasi digital dan digitalisasi. Jangan sampai kita sebagai ASN tidak bisa memahami, tidak bisa
merespon, tidak bisa masuk di era-era digitalisasi agar kita tidak ketinggalan,“ tambah Sumarno.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, dalam sambutannya turut menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan kolaborasi antara BPSDM Kemendagri dan Direktorat Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1389 seconds (10.55#12.26)