Tahun Ini Program Mahasantri di Gowa Bakal Diluncurkan

Minggu, 31 Juli 2022 - 17:05 WIB
loading...
Tahun Ini Program Mahasantri di Gowa Bakal Diluncurkan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan meluncurkan program di bidang kegamaan Satu Hafiz Satu Desa dan Satu Hafiz Satu Kelurahan yang diberi nama Mahasantri pada tahun ini.

Hal ini diungkapkan Bupati Gowa Adnan Purichta saat Dizikir dan Doa bersama dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam di Masjid Agung Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa, Sabtu (30/7/2022).

Menurut Adnan, program ini bekerjasama dengan seluruh desa dan kelurahan dan menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.



Peserta program ini merupakan utusan dari desa dan kelurahan yang dibiayai menggunakan dana desa dan kelurahan.

Sementara kejasama dengan UIN Alauddin Makakassar, karena para santri ini juga akan terdaftar sebagai mahasiswa di UIN Alauddin Makassar.

"Hanya saja untuk 3 tahun pertama, para mahasantri akan fokus untuk menghapal Al Qur'an kemudian ditambah 1 tahun untuk kuliah di UIN dengan jurusan yang berkorelasi dengan hapalan Al Qur'an," paparnya.

Adnan menyebutkan, ada beberapa mata kuliah yang dianggap berkorelasi dengan hapalan Al Qur'an di UIN Alauddin Makassar, yaitu Sosiologi Agama, Perbandingan Mashab, Ilmu Qur'an, dan Tafsir Hadist

“Kita sebut Mahasantri karena mereka akan belajar di rumah tahfiz selama 3 Tahun, setelah tiga tahun tuntas hafalannya mereka akan melanjutkan di UIN 2 semester," ungkapnya.

"1 semester mereka akan mengambil mata kuliah yang berkolerasi dengan hapalan dan kemudian mereka akan lulus sebagai Mahasiswa UIN Alauddin Makassar, mendapatkan gelar dan mendapatkan ijazah,” sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)