PTPN XIV Pertahankan Aset Negara di Kabupaten Enrekang

Minggu, 31 Juli 2022 - 07:39 WIB
loading...
A A A
Bupati Enrekang Muslimin Bando merasa terbantu, karena lahan seluas 1.450 hektar yang sudah ditanam dan dikelola PTPN XIV membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kecamatan Maiwa.

"Jumlah terkini yang sudah bekerja di PTPN khususnya masyarakat Kecamatan Maiwa sebanyak 500 orang per hari dengan gaji per orang Rp 80 ribu, dan PTPN sudah mengeluarkan Rp40 juta setiap harinya untuk gaji kepada masyarakat yang bekerja," ujar Muslimin beberapa waktu lalu.

Bagi Muslimin, rencana PTPN membangun pabrik kelapa sawit setelah target pemanfaatan 3.000 hektar lahan sawit terpenuhi, akan lebih banyak lagi mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

Manfaat bagi masyarakat tersebut di antaranya PTPN memberikan peluang tersedianya lapangan pekerjaan, terbukanya lahan plasma untuk masyarakat sekitar 10 ribu hektar, menyerap petani plasma dari daerah lain, serta membangkitkan lahan-lahan tidur yang belum berfungsi atau dimanfaatkan.

Hal senada juga disampaikan oleh beberapa tokoh-tokoh masyarakat, salah satunya Andi Pasdar. "Dengan rencana PTPN membangun pabrik kelapa sawit di Kecamatan Maiwa ini akan memberikan dampak yang sangat menguntungkan bagi masyarakat Maiwa, oleh karena itu PTPN perlu secepatnya melakukan edukasi terhadap masyarakat sekitar, utamanya untuk rencana petani plasma kedepan," ujar Andi Pasdar.



Presidium Pena 98 dan Pembina POSPERA Sulawesi Selatan, Hasbi Lodang mengatakan, sebagai warga Kabupaten Enrekang, dia berharap apa yang terjadi di Kecamatan Maiwa saat ini dapat diselesaikan dengan bijak, karena kehadiran PTPN sangat membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Enrekang.

"Dengan adanya rencana pembangunan pabrik kelapa sawit akan menciptakan peluang yang besar bagi masyarakat karena nantinya siapapun dapat menjadi mitra/petani plasma," ujarnya.

Camat Maiwa juga mengatakan, sebagai pemerintah tingkat kecamatan berterima kasih dengan adanya keberadaan PTPN dan sangat mendukung aktivitas PTPN yang ada di Kecamatan Maiwa, karena sebagian besar karyawan yang bekerja berasal dari Kecamatan Maiwa sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

"Kami berharap PTPN dapat berkembang sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang terlibat dan merasakan manfaat dari keberadaan PTPN," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3399 seconds (0.1#10.140)