3 kecamatan berpotensi terkena erupsi Marapi

Kamis, 27 Februari 2014 - 10:55 WIB
3 kecamatan berpotensi terkena erupsi Marapi
3 kecamatan berpotensi terkena erupsi Marapi
A A A
Sindonews.com - Kepala BPBD Tanah Datar Altri Suandi mengatakan, letusan Gunung Marapi mengancam tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

“Ada tiga kecamatan yang terkena imbas dari erupsi Gunung Marapi yaitu, Kecamatan Batipuah, Kecamatan X Koto dan Kecamatan Pariangan, posisinya di kaki gunung baik bagian selatan maupun barat,” terangnya, Kamis (26/2/2014).

Dia pun meminta agar warga yang tinggal di lereng Marapi tetap siapa, jika aktivitas gunung berapi itu meningkat maka pengungsian tetap harus segera dilaksanakan.

“Untuk sementara ini masyarakat tidak boleh melakukan aktivitasnya di sekitar radius tiga kilometer dari puncak,” imbaunya.

Diakuinya meski terjadi erupsi gunung dengan ketinggian 2.891 meter dari permukaan laut itu, sampai hari ini aktivitas masyarakat di sekitar lereng Marapi belum terganggu.

“Aktivitas Marapi sampai hari ini masih berfluktuatif, meski demikian kita tetap waspada, kita juga menghubungi petugas pemantau Gunung Marapi di Bukittinggi, sampai saat ini belum bisa terpantau aktivitas asap itu sebab terhalangi oleh asap dari Riau,” pungkasnya.

Baca juga: Erupsi Gunung Marapi di Sumbar capai 3 kilometer
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6243 seconds (0.1#10.140)