Kisah Putri Kaca Mayang dan Asal Usul Pekanbaru

Kamis, 28 Juli 2022 - 05:34 WIB
loading...
A A A
Sementara Raja Gasib yang masih belum tahu prajurit Aceh masuk ke dalam kerajaan sedang asyik bercengkrama dengan keluarganya di istana. Namun, saat tahu semua sudah terlambat. Prajurit Aceh sudah masuk istana.



Yang menyedihkan, dalam ketidakberdayaannya Raja Gasib melihat prajuritnya dibunuh satu persatu, dan Putri Kaca Mayang dibawa kabur para prajurit Aceh. Kabar masuknya prajurit Aceh ini akhirnya diketahui Panglima Gimpan.

Dengan sangat marah, Panglima Gimpan bersumpah akan membalas dendam dan membawa kembali Putri Kaca Mayang. Saat itu juga, dia pergi ke Aceh. Setibanya di Aceh, dia disambut dua gajah perang.

Dengan kesaktiannya yang tinggi, Panglima Gimpan lalu melompat dan menjinakkan gajah perang pilihan Raja Aceh itu dan membawanya ke dalam istana. Melihat hal itu, Raja Aceh mengakui kesaktian Panglima Gimpan.



Putri Kaca Mayang lalu diserahkan kembali kepada Panglima Gimpan untuk dibawa pulang ke Kerajaan Gasib.

Tetapi sayang, kondisi Putri Kaca Mayang saat itu sedang sakit. Dengan tubuhnya yang lemah, dia lalu dibawa ke Kerajaan Gasib. Dalam perjalanan pulang itu, Putri Kaca Mayang akhirnya meninggal dunia.

Panglima Gasib pun gagal menunaikan janjinya untuk membawa Putri Kaca Mayang hidup-hidup ke istana. Kematian Putri Kaca Mayang makin membuat Raja Gasib, seluruh keluarga dan masyarakat Gasib bersedih.

Jenazah Putri Kaca Mayang lalu dimakamkan di Gasib. Sejak kepergian putrinya itu, Raja Gasib menjadi pemurung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)