Gubernur Edy Minta Proyek Rusunawa di KEK Sei Mangkei Dikebut

Selasa, 26 Juli 2022 - 20:09 WIB
loading...
Gubernur Edy Minta Proyek Rusunawa di KEK Sei Mangkei Dikebut
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memimpin rapat Ekspose Progress Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Rusunawa Sei Mangkei Kabupaten Simalungun, Selasa (26/7/2022). Foto: Istimewa
A A A
MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta organisasi perangkat daerah (OPD) setempat dan pihak terkait mempercepat pembangunan fasilitas Rumah Susun Hunian Sewa ( Rusunawa ) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Simalungun, Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Edy Rahmayadi saat memimpin Rapat Ekspose Progress Proyek KPBU Rusunawa KEK Sei Mangkei di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Selasa (26/7/2022).

Pembangunan Rusunawa tersebut, kata Edy, nantinya akan menggunakan mekanisme Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).


Dalam skema tersebut, Gubernur Sumut berperan sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK). Untuk itu, Edy Rahmayadi meminta OPD dan pihak yang terkait dengan pembangunan tersebut untuk segera menyelesaikan proses pembangunan.

“Seluruh OPD dan pihak terkait lainnya, agar segera lakukan percepatan, sehingga Rusunawa ini segera terwujud,” ujar Edy.



Saat ini, ada kurang lebih 10 perusahaan yang telah beroperasi di KEK Sei Mangkei. Jumlah karyawan atau pekerja di perusahaan tersebut sudah mencapai sekitar 2.100 pekerja. Tentunya para pekerja tersebut membutuhkan fasilitas seperti unit Rusunawa hingga fasilitas lain seperti rumah sakit dan sekolah.

Edy menyontohkan ada beberapa perusahaan asing yang menyediakan fasilitas lengkap bagi pekerjanya. Sehingga pekerja bisa hidup nyaman dan tenang dekat tempat kerjanya. “Kalau itu tidak dibangun pasar, sekolahan, rumah sakit, bekerja dia di sana bagaimana nanti,” katanya.

Jika proyek yang direncanakan dibangun di atas lahan kurang lebih 3 hektare tersebut selesai, diperkirakan akan menarik lebih banyak investor di KEK Sei Mangkei. Di satu sisi, masih banyak masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)