Tebing Dekat Perumahan di Griya Zavira Garut Longsor, Puluhan Rumah Terancam

Selasa, 26 Juli 2022 - 01:54 WIB
loading...
Tebing Dekat Perumahan di Griya Zavira Garut Longsor, Puluhan Rumah Terancam
Sejumlah rumah di Perumahan Griya Zavira, Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, terancam longsor, setelah tebing di sekitar permukiman tersebut ambrol kurang lebih sedalam 100 meter dengan lebar 60 meter. Foto SINDOnews
A A A
GARUT - Puluhan rumah di Perumahan Griya Zavira, Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, terancam diterjang longsor. Ancaman ini terjadi setelah tebing di bawah perumahan tersebut ambrol sekira 100 meter.

Sansan, seorang warga sekitar menuturkan, tebing yang mengalami longsor memiliki lebar 60 meter. Longsoran tebing itu juga merusak dan menjebol tembok penahan di lokasi tersebut. Baca juga: Akses Jalan di Bontocani Bone Terputus Akibat Longsor

"Tanah longsor di lokasi ini terjadi akibat intensitas hujan tinggi pada saat bencana banjir bandang Jumat (15/7/2022) lalu. Longsorannya terbuka lebar yang mengakibatkan puluhan rumah di sini terancam jika hujan deras kembali terjadi," ujar Sansan, saat dikonfirmasi, Senin (25/7/2022).

Sansan menyebutkan, jumlah rumah yang terancam mencapai sebanyak 60 unit. Dari puluhan rumah itu, dua unit rumah telah dikosongkan oleh pemiliknya.

"Kami berharap ada penanganan yang serius dari Pemerintah Kabupaten Garut atas musibah longsor ini. Sekarang warga khawatir di lokasi ini akan kembali longsor susulan yang mengakibatkan beberapa rumah bisa terdampak," kata Sansan.

Di tempat terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Satriabudi berjanji akan melakukan pengecekan ke wilayah tersebut. "Insya Allah kami akan melakukan pengecekan ke lokasi," ucap Kalak BPBD Garut singkat.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)